7 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kasrem 042/Gapu Pimpin Upacara Ziarah Nasional HUT Ke-79 TNI di Taman Makam Pahlawan Satria Bhakti

2 min read

Jambi – Kepala Staf Korem (Kasrem) 042/Garuda Putih, Kolonel Inf Eddy Basuki, memimpin upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati HUT Ke-79 TNI yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti, Jl. Jenderal Sudirman, Kelurahan Tambak Sari, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, pada Jumat (4/10/2024).

Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun TNI yang ke-79 tahun 2024 dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju.”

Sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kolonel Eddy Basuki memimpin sekitar 80 peserta yang hadir dalam ziarah tersebut, yang terdiri dari pejabat TNI Korem 042/Gapu, anggota Persit (Persatuan Istri Tentara), Mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Gapu, serta peserta upacara lainnya.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, diikuti dengan peletakan karangan bunga oleh Inspektur Upacara di monumen pahlawan, serta prosesi tabur bunga di makam-makam para pahlawan, dipimpin langsung oleh Kolonel Eddy Basuki.

Kolonel Eddy menyampaikan bahwa ziarah ini adalah tradisi tahunan yang selalu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan serta menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ziarah ini adalah wujud rasa hormat dan bangga kita kepada prajurit TNI yang telah berkorban demi bangsa dan negara. Sebagai penerus dan pewaris kemerdekaan, kita harus bersyukur dan terus berupaya melanjutkan perjuangan mereka dengan berbuat yang terbaik untuk mengisi kemerdekaan ini,” ujar Kasrem 042/Gapu

Kolonel Eddy juga menekankan pentingnya nilai-nilai pengorbanan yang diwariskan para pahlawan sebagai inspirasi bagi seluruh generasi penerus bangsa, terutama dalam menghadapi tantangan masa kini dan mendatang.

Upacara ziarah ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting di lingkungan Korem 042/Gapu, termasuk para Kasi Korem 042/Gapu, Kasdim 0415/Jambi, para Kepala Balak Aju Rem 042/Gapu, Wadanyonif 142/KJ, dan jajaran lainnya. Para anggota Persit Korem 042/Gapu dan Mahasiswa Akper Gapu juga turut serta dalam prosesi ziarah, menunjukkan solidaritas dan kebersamaan dalam rangka menghormati jasa para pahlawan.

Kegiatan ini menutup rangkaian ziarah yang menjadi bagian integral dari peringatan HUT TNI ke-79 tahun ini.

Sumber: Penrem 042/Gapu

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + = 21