25 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bentuk Patriot Muda Bangsa, Koramil Muara Bulian Kukuhkan Anggota Saka Wira Kartika

2 min read

Jambi – Satuan Karya Wira Kartika (Saka Wira Kartika) mengukuhkan 37 anggota baru dalam upacara yang digelar di Markas Koramil 415-04/Muara Bulian pada Kamis, 24 Oktober 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk generasi muda yang memiliki semangat patriotik dan berjiwa nasionalisme melalui pendidikan dan pembinaan dalam gerakan pramuka.

Pengukuhan diawali dengan pembekalan intensif selama tiga hari yang mencakup materi krida navigasi darat, pionering, mountaineering, survival, penanggulangan bencana, serta wawasan kebangsaan. Pelatihan ini dirancang untuk membangun karakter, keterampilan, serta fisik dan mental yang kuat pada generasi muda Indonesia.

Upacara pengukuhan dipimpin oleh Serka Agustono, Ketua Saka Wira Kartika Koramil 415-04/Muara Bulian. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa tujuan utama pembentukan Saka Wira Kartika adalah untuk menciptakan pemuda yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Dengan pengukuhan ini, kami harapkan generasi muda semakin siap menjadi patriot yang membela kepentingan negara dan bangsa,” ujar Serka Agustono.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan watak, moral, mental, dan keterampilan anggota Saka Wira Kartika, sehingga mereka dapat menjadi individu yang berguna bagi bangsa dan negara. Saka Wira Kartika mengedepankan sistem pamong dan prinsip-prinsip metode pembinaan kepramukaan yang menekankan kerja sama, tanggung jawab, dan semangat gotong-royong.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anggota Saka Wira Kartika tidak hanya memiliki kemampuan fisik dan keterampilan teknis, tetapi juga nilai-nilai kebangsaan yang kuat untuk melindungi dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 − 38 =