20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Taman Budaya Jambi Akan Melaksanakan Workshop Seni Pertunjukan Akhir Mei 2023

2 min read

Ilustrasi/Pelatihan Kelas Anak-anak Senda Jambi (Jum'at, 08/10/2021) di Taman Budaya Jambi/Foto: Hendry Nursal-Jambidaily.com

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Merawat kesenian adalah suatu keharusan bagi masyarakat atau pemangku kebudayaan. Ada dua acara yang dapat dilakukan untuk hal itu: Pertama, menjaga keutuhan bentuk dan isinya dan kedua menggarapnya kembali secara kreatif dan inovatif atas tafsir kebudayaan tradisional tersebut tanpa menghilangkan nilai-nilai tradisinya hingga berwujud sebagai sebuah karya baru.

Secara umum ‘karya baru’ adalah sebagai suatu pilihan kreatif seorang kreator yang pada tingkatan tertentu meninggalkan aturan, pola atau kerangka gagasan dari karya ‘asli’. Proses kerja kreatif lahirnya sebuah karya baru, terlebih dahulu memerlukan pemahaman yang menyeluruh dan mendalam atas unsur-unsur terkait pada sebuah karya budaya atau seni tradisi yang menjadi acuan sumber garap.

“Pemahaman ilmu seperti psikologi, sosiologi, antropologi, sejarah dan filsafat dapat dimanfaatkan dan penerapannya harus dilakukan secara selektif sesuai kebutuhan ide dan konsep garap,” Urai Eri Argawan, Kepala Taman Budaya Jambi (Selasa, 2/05/2023).

Kreator adalah orang-orang yang terpilih dan memahami kompleksitas kehidupan bahkan dengan situasi yang rumit sekalipun untuk kemudian secara keseluruhan menjadi sebuah pengetahuan yang menjadi sumber ide atas karya kreatifnya.

Tindakan kreatif yang bersifat kemampuan atau keterampilan teknis, sangat perlu diimbangi dengan faktor non teknis seperti wawasan tentang pemahaman nilai-nilai, makna atas berbagai fenomena kehidupan, ketajaman intuisi (kepekaan), kedalaman rasa serta kecerdasan pikiran tentang sebuah karya budaya.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melalui UPTD. Taman Budaya Jambi akan melaksanakan Workshop Seni Pertunjukan sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan mutu, wawasan, profesionalitas dan keterampilan seniman secara terarah dan berkelanjutan.

“Hal ini didasari pemikiran bahwa seniman memiliki peran dan tugas pokok yang penting dan strategis dalam melakukan percepatan pembangunan nasional di bidang kebudayaan. Untuk itu, upaya peningkatan kompetensi secara terus menerus dan pengembangan wawasan serta keterampilan seniman secara terencana dan berkesinambungan merupakan keniscayaan yang harus dilakukan,” Pungkas Eri Argawan.

Workshop Seni Pertunjukan akan dilaksanakan pada tanggal 25 sd 27 Mei 2023 di Teater Arena Taman Budaya Jambi. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 4 = 8