20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Akhir Pekan di Taman Budaya Jambi, 12 Komunitas Musik Unjuk Kebolehan Dalam Jambi Etnic Festival

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Taman Budaya Jambi persembahkan Jambi Etnic Festival pada akhir pekan ini yang berlangsung di Gedung Teater Arena, 1 s.d 2 Desember 2023.

Dalam Jambi Etnic Festival, menghadirkan 12 Komunitas musik yang tidak hanya berada di kota Jambi, namun juga dari kabupaten-kabupaten yang ada dalam provinsi jambi.

“Jambi Etnic Festival ini para pengkarya atau komunitas musik akan menghadirkan karya-karya terbaik mereka, dan karya tidak terpatok pada satu sisi saja namun bebas. Bebas disini bukan berarti tanpa ciri khas? namun wajib bernuansa kekayaan seni dan budaya di provinsi Jambi,” Terang Andi Gomez, selaku penggagas Jambi Etnic Festival (Selasa, 28/11/2023).

Pemusik kawakan asal Jambi ini dengan adanya program Jambi Etnic Festival yang difasilitasi serta dihadirkan Taman Budaya Jambi kedepannya dapat berkembang lebih besar.

“Untuk seni yang lain, kita sudah pernah mengadakan luas jangkauannya contohnya Teater, Rupa dan Tari, Nahh..kedepan saya berharap Jambi etnic Festival tidak hanya se-provinsi Jambi. Bisa saja misalkan Se-Sumatera, Se-Indonesia bahkan Serumpun Melayu,” Ungkap Andi Gomez.

Jambi Etnic Festival, menjadi jawaban dari Taman Budaya Jambi atas keinginan seniman musik agar digelar seperti cabang seni lainnya.

“Tentunya kita akan membuka ruang yang sama bagi semua seniman di provinsi Jambi, sebagaimana salah satu tugasnya Taman Budaya, sebagai labor seni tentunya kegiatan ini memfasilitasi para arranger/ pelaku seni musik Jambi dalam berkreasi dan membuat karya baru yang bersumber dari budaya Jambi,” Ujar Eri Argawan, Kepala Taman Budaya Jambi.

Menurut Eri Argawan, selain dua poin diatas, Jambi Etnic Festival diharapkan menggugah dan meningkatkan produktivitas para arranger/ pelaku seni musik Jambi.

“Terakhir, memberikan kesempatan pada arranger/ pelaku seni untuk menampilkan dan menunjukkan kemampuannya dalam menata atau membuat komposisi baru yang bersumber dari seni dan budaya Jambi,” Harapnya.

Jambi Etnic Festival, akan berlangsung 1 s.d 2 Desember 2023 Pukul 14.00 Wib hingga selesai, berikut Jadwal pagelaran 12 Komunitas

Jum’at , 1 Desember 2023

01. Sendratasik Unja
02. Gong Sitimang Jambi
03. Abieb & Friend
04. SKO A’rt
05. To Be Continue Official
06. Iyanabah Tungkal Etnika

Sabtu , 2 des 2023

01. Komunitas Karamentang
02. Gnawasenada Official
03. Sendja Community
04. Pelito Mudo Ethnic Peoject
05. Zabag Unified Sound
06. Sanggar Chan-pi

(*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 1 =