20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Komitmen Terhadap Pengelolaan Lingkungan Hidup, Tiga Unit Bisnis Asian Agri Raih PROPER Hijau

4 min read
asian agri

KIKA: Mill Manager PT Inti Indosawit Subur II Tungkal Ulu Bellie Tan, Mill Manager PT Dasa Anugrah Sejati PMKS Taman RajaJazmiLuthfi, DirjenPengendalianPencemaran dan KerusakanLingkunganHidupSigitReliantoro, dan Mill Manager PT Rigunas Agri Utama PMKS Bungo Tebo, SangalLeowardButar-Butar

JAMBIDAILY EKONOMI– Atas usahanya menjalankan tata kelola lingkungan dengan baik, tiga unit bisnisAsian Agri menerima penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) tingkat Nasional dengan peringkat HIJAU untuk periode 2022-2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Ketiga bisnit unit Asian Agri yang mendapatkan penghargaan PROPER adalah PT Inti Indosawit SuburII Tungkal Ulu, PT Rigunas Agri Utama PMKS Bungo Tebo, dan PT Dasa Anugrah Sejati PMKS Taman Raja, demikian rilis resminya diterima jambidaily.com, Kamis 21 Desember 2023.

Dengan diterimanya penghargaan ini, maka ketiga unit bisnis telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup melebihi yang dipersyaratkan oleh peraturan pemerintah.

Acara pemberian penghargaan ‘Anugerah PROPER tahun 2023’diadakan di Hotel BidakaraJakarta pada Rabu, 20 Desember 2023. Acara inidihadiri oleh Wakil PresidenMa’ruf Amin.

Dalam kata sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan“Saya berharap penganugerahan PROPER mampumerubah paradigma bahwa Tanggung Jawab Sosial perusahaan bukan hanya sekedar berbagi bantuan, melainkan menjadi kegiatan yang berorientasi pada pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.”

Ia juga mengucapkan selamat kepada para penerima anugerah PROPER.

“Saya ucapkan selamat kepada semuanya. Semoga peraayaan ini menjadi contoh nyata yang menginspirasi dan mendorong kinerja perusahaan-perusahaan yang lainnya.”

Sementara itu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, AlueDohong, menyambut kehadiran Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Ia mengatakan kehadiran Wapres diharapkan dapat menjadi pendorong semangat dan inspirasi bagi perusahaan untuk terus menjaga lingkungan hidup yang lebih baik untuk generasi di masa kini dan masa yang akan datang.

“Anugerah lingkungan PROPER merupakan penghargaan atas kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan, eko inovasi, inovasi sosial dan kepemimpinan lingkungan green leadership perusahaan,” kata Alue Dohong.

“Kami sangat bangga atas pencapaian ini. Penerimaan PROPER tingkat Nasional denganPeringkat Hijau inimenunjukkankomitmen Kami dalammengelolalingkungantelahmelebihi ketentuan yang diterapkan oleh pemerintah. Ini membuktikan bahwa kinerja kami telah memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat dan juga lingkungan,” kata Mill ManagerPT Rigunas Agri Utama PMKS Bungo Tebo, Sangal Leoward Butar-Butar.

Sementara Mill ManagerPT Inti Indosawit Subur II Tungkal Ulu, Bellie Tan mengatakan”Kami senang sekali atas perolehan penghargaan PROPER Hijau ini.

Ini merupakan bukti nyata bahwa kami dalam menjalankan kegiatan operasional kami sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan ini, kami akan terus mempertahankan peringkat ini dan akan terus meningkatkan kinerja Perusahaan.,”

Kemudian, Mill Manager PT Dasa Anugrah Sejati PMKS Taman Raja, Jazmi Luthfi mengatakan“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap evaluasi kinerja Perusahaan di bidang pengelolaan lingkunganhidup. Ini akan memotivasi kami untuk terus melakukan upaya-upaya berkelanjutan, yang juga termasuk dalam Komitmen Asian Agri 2030.”

PROPER merupakan program penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan KehutananRepublik Indonesia kepadaperusahaan yang telah menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam produksi barang dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, penggunaan energi secara efisien, konservasi sumberdaya dan pelaksanaanbisnis yang beretika dan bertanggung jawab.

Asian Agri adalah salah satu produsen minyak sawit terbesar di Indonesia. Didirikan pada tahun 1979, perusahaan saat ini mengelola sekitar 100.000 hektar lahan perkebunan dan mempekerjakan lebihdari 20.000 orang.

Sebagai pelopor program Trans-National Government Migration (PIR-Trans) pemerintah Indonesia, saat ini Asian Agri bekerja sama dengan 30.000 petani plasma di Riau dan Jambi yang mengoperasikan 60.000 hektar perkebunan kelapa sawit, dan petani swadaya yang mengelola lebih dari 39.000 hektar.

Dengan menerapkan kebijakan tanpa bakar yang ketat sejak tahun 1994 dan praktik pengelolaan perkebunan secara berkelanjutan, Asian Agri membantu petani mitra untuk meningkatkan produktivitas, hasil panen, kemampuan telusuran rantai pasok, sekaligus mendukung mereka memperoleh sertifikasi.

Pabrik Asian Agri menerapkan teknologi terbaik memanfaatkan energi hijau yang dihasilkan secaramandiri, dalam rangka meminimalisasi emisi gas rumah kaca.

Seluruh unit bisnis dalam naungan Asian Agri telah memperoleh sertifikat ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil). Saat iniperkebunan inti Asian Agri di Provinsi Sumatera Utara, Riau & Jambi serta perkebunan petani plasma di Provinsi Riau & Jambi telah 100% bersertifikat RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil).

Pada saat yang sama, ISCC (International Sustainability & Carbon Certification) telah dicapai oleh seluruh kebun baik yang dimiliki oleh Asian Agri maupun petani binaannya.

Keberhasilan Asian Agri menjadi salah satu perusahaan produsen CPO terkemuka telah diakui secara internasional dengan sertifikasi ISO 14001 untuk semua operasinya (pabrik CPO dan KCP).

Learning Institute di Pelalawan, Riau, serta pusat pembibitan di Kampar, Riau, juga telah bersertifikat ISO 9001. Selain itu, pusat penelitian dan pengembangan Asian Agri di Tebing Tinggi juga telah memperoleh sertifikasi oleh International Plant – Analytical Exchange di lab WEPAL di Wageningen University di Belanda, untuk standar yang tinggi.***

ril/

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

25 + = 27