18 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Antisipasi Banjir di Kota Jambi,  Pj Wako Jambi Arahkan Lima Strategi pada Gelar Apel Kesiagaan Bencana

2 min read
apel kesiagaan bencana kota jambi

Pj Wako Jambi Sri Purwaningsih Pimpin apel kesiagaan bencana kota jambi/ft:ist

JAMBIDAILY KOTAJAMBI- Menyikapi kondisi banjir yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Kota dalam Provinsi Jambi sejak awal Januari 2024, Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih menggelar Apel Kesiagaan Bencana Banjir.

Melalui Apel Kesiagaan Bencana Banjir bersama OPD, TNI Polri dan stakeholder lainnya, Sri Purwaningsih sampaikan Lima Strategi yang perlu dilakukan untuk meminimalisir warga terdampak.

“Kita sudah seharusnya bersiaga penuh dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada. Beberapa wilayah Kota Jambi merupakan dataran rendah dan memiliki potensi bencana banjir sangat tinggi,”papar Sri Purwaningsih, saat Apel Kesiagaan Bencana Banjir Kota Jambi, di Halaman Kantor Damkar, Sabtu 13 Januari 2024.

Pendangkalan danau dan sungai serta masih terdapatnya kebiasaan masyarakat yang buang sampah sembarangan seperti di sungai, danau dan drainase menjadi masalah utama terjadinya banjir di Kota Jambi.

“Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami,”tambahnya.

Tentu kita berharap tidak terjadi bencana alam seperti banjir ini, namun apabila bencana itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan yang memadai untuk menghadapinya.

Saya ingin kita bersama-sama untuk siaga terhadap bencana banjir ini, dengan lima strategi dan beberapa hal yang perlu dilaksanakan, antara lain;

1). Disdamkar Penyelamatan, Satpol PP dan Dinas Sosial tempatkan petugas yang siaga di lokasi rawan banjir beserta peralatan nya (Perahu Karet, Dapur Umum, Tenda dan sebagainya). Koordinasikan juga dengan teman-teman Polri dan TNI.

2). Dinas Lingkungan Hidup lakukan Pembersihan sampah dan enceng gondok di beberapa Danau dan sungai di Kota Jambi (Danau Sipin, Danau Teluk Kenali, Danau Teluk) serta drainase.

3). Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang segera mulai lakukan pekerjaan pembersihan sedimentasi dan normalisasi aliran-aliran anak sungai dan drainase yang menjadi kewenangan kita dengan melibatkan masyarakat.

4). Kecamatan dan Kelurahan Laporkan perkembangan kondisi banjir di wilayah masing-masing kepada saya, berapa rumah tangga yang terdampak (berapa kk dan jiwa), manfaatkan Whats app Group Pemkot Jambi.

Kominfo tolong dibantu untuk koordinir laporan secara periodik. Ciptakan berita yang membuat masyarakat tenang.

5). Seluruh perangkat daerah Kota Jambi saya ingin pro aktif mendukung kesiapsiagaan bencana banjir ini. Koordinasikan secara cepat, cermat dan terukur, saya tidak ingin adanya k

“Kurangnya antisipasi dan kesiapan warga, serta lambannya penanganan bencana sebagai akibat keterbatasan personil maupun peralatan menjadi kendala tersendiri, hal tersebut jangan sampai terjadi,”ingat wanita nomor satu Kota Jambi ini.

Apel Kesiagaan Bencana Kota Jambi ini diikuti tim dari Kodim 0415/Jambi, Polresta Jambi, Denpom II/2 Jambi, Dinas Damkar Kota Jambi, Satpol-PP Kota Jambi, Dishub Kota Jambi, Dinkes Kota Jambi, dan Disperindag Kota Jambi.***

 

Editor: Hery Farmansyah

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 1