20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415 Jambi Sosialisasikan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan

2 min read

Jambi – Selain menjalankan program fisik, Satgas TMMD ke-121 Kodim 0415 Jambi juga melaksanakan kegiatan non-fisik berupa penyuluhan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di tiga desa, yaitu Desa Sukamaju, Desa Muarosebapo, dan Desa Pondokmeja, yang terletak di Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi.

Serda Krisdiantoro, salah seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang tergabung dalam Satgas mengungkapkan bahwa kegiatan komunikasi sosial (komsos) merupakan tugas rutin Babinsa untuk mengetahui perkembangan situasi di wilayah binaan.

“Kegiatan komsos juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga, mendukung tugas pokok satuan teritorial demi terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujarnya, Minggu (28/07/2024).

Dalam sosialisasi tersebut, Babinsa memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai bahaya kebakaran hutan dan lahan. “Sosialisasi karhutla di wilayah binaan merupakan upaya antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan,” tambah Serda Krisdiantoro.

Ia menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. “Selain memberikan pemahaman tentang dampak buruk yang ditimbulkan akibat karhutla, Babinsa juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya adalah dengan tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar,” tegasnya.

Kegiatan penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Muarojambi. (**)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 8