3 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Catat Tanggalnya ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh XII’ di Taman Budaya Jambi

3 min read

JAMBIDAILY SENI – Saksikan Festival dan gelar seni tari ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh’ ke-12 yang diselenggarakan Sanggar Sekintang Dayo Kembali Hadir.

Festival ini rencananya akan berlangsung pada 4 s.d 6 Oktober 2024, di Gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi, Jalan Sei Arbai I, Sungaikambang, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Lah Puar Jelupung Tumbuh semakin menjadi daya tarik komunitas tari, terbukti info awal yang didapat dari penyelenggara, bahwa jelang ditutupnya pendaftaran pada 4 Oktober 2024, jumlah peserta telah melampau dari tahun sebelumnya.

“Iya hingga saat ini, dari data sudah mendaftar komunitas-komunitas yang berasal dari kabupaten Bungo, Batanghari, Muarojambi, Tanjungjabung Timur dan Kota Jambi,” Ujar Ristira Argawani (Rabu, 02/10/2024).

Festival dan Gelar Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh merupakan agenda rutin Sekintang Dayo yang mendapat dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provins Jambi UPTD Taman Budaya Jambi dan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

Sanggar seni sekintang dayo Jambi merupakan salah satu wadah tempat penyaluran bakat seni generasi muda. Sanggar seni sekintang dayo jambi bergerak dibidang seni pertunjukan yang meliputi Tari, Musik dan Teater.

Berbagai kegiatan dan aktifitas telah dilakukan secara rutin, seperti, pembinaan dan pelatihan seni dan budaya Jambi yang sasaran umumnya adalah anak-anak dan para remaja yang kreatif. Sebagai agenda rutin tahunan Sanggar Seni Sekintang Dayo Jambi melaksanakan kegiatan “Festival dan Pagelaran Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh”.

Festival Tari Kreasi Jambi yang akan diikuti oleh anak-anak dan remaja yang mempunyai bakat atau kemampuan dalam bidang tari.

“Semoga dengan adanya Lah Puar ini bisa melahirkan karya-karya baru bahkan mungkin koreografer muda yang baru di setiap kabupaten/kota dalam provinsi Jambi khususnya,” Harap perempuan cantik dnegan senyum khas yang biasa di sapa Rara, sebagaimana dilansir bicarajambi.com.

Peserta akan memperebutkan hadiah Jutaan uang tunai dan Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi.

Hadiah Pemenang

Hadiah utama : Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi

Kategori I :

• Unggulan I : Tropy + Piagam + Uang Produksi

• Unggulan II : Tropy + Piagam + Uang Produksi

• Unggulan III : Tropy + Piagam + Uang Produksi

Kategori II :

• Unggulan I : Tropy + Piagam + Uang Produksi

• Unggulan II : Tropy + Piagam + Uang Produksi

• Unggulan III : Tropy + Piagam + Uang Produksi

SMANDA TANJAB TIMUR, Boyong Piala Bergilir Festival Tari Lah Puar Jelupung Tumbuh Ke-11 Tahun 2023 di TBJ

Sebagai informasi Tahun lalu 2023, berlangsung (Sabtu, 21/10/2023) di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi, diikuti 21 Komunitas, menariknya satu peserta berasal dari Provinsi Bengkulu.

“Ada 21 Komunitas yang telah terdaftar dari kota Jambi dan kabupaten di Provinsi Jambi, yang akan bertanding Festival Tari ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh’ ke-11. Dan satu peserta berasal dari provinsi Bengkulu,” Ungkap Ristira Argawani, (Jum’at, 20/10/2023), kepada jambidaily.com di ruang Tari Taman Budaya Jambi.

Selain sebagai peserta, seremoni pembukaan (Sabtu, 21/10/2023) dan penutupan (Minggu, 22/10/2023) Festival Tari ‘Lah Puar Jelupung Tumbuh’ ke-11 juga menghadirkan pertunjukan DOL dari provinsi Bengkulu.

Dan Sanggar SMANDA asal kabupaten Tanjungjabung Timur yang mendapatkan nilai tertinggi dinobatkan sebagai juara umum dan berhak membawa pulang Hadiah utama berupa Piala Bergilir Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =