7 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peduli Kesehatan Pangan, SKK Migas – PetroChina dan Dinkes Pemkab Tanjab Timur Gelar Sosialisasi dan Edukasi Kantin Sehat di Lingkungan BaseCamp Geragai PetroChina

2 min read

JAMBIDAILY MUARASABAK – SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd menggelar Sosialisasi dan Edukasi Kantin Sehat di Lingkungan PCJL tahun 2024, di Rec Hall BaseCamp Geragai, Sabtu (5/10) pagi.

Pada kesempatan itu, HSE Superintendent, dr. Frans Henny, M.K.K mewakili Management PetroChina International Jabung Ltd membuka secara resmi kegiatan tersebut. Hadir juga Medical Supervisor, M. Nasrudin, SKM dan Medical Officer, dr. William Aditya.

SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd juga menghadirkan 3 pemateri, yakni Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Eko Purnomo, SKM, Kabid Kesmas Dina Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Ade Rinaldo, SKM dan Ketua HAKLI, Fanni Zazuli Lubis, SKM., M.Si.

dr. Frans Henny dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja yang sering dilakukan di PetroChina International Jabung Ltd berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten, kota maupun provinsi serta rumah sakit yang ada di Jambi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk dari upaya perusahaan dalam mendukung program pemerintah di bidang penerapan keamanan pangan yang efektif bagi jasa penyedia makanan, khususnya warung makanan yang berada di area kerja PetroChina dalam cakupan wilayah Geragai,” katanya.

Sebagaimana diketahui, bahwa pentingnya keamanan pangan bagi manusia agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan, terutama Maslaah kesehatan. Keamanan pangan adalah kondisi dimana makanan yang dikonsumsi aman, bebas dari kontaminasi atau resiko yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Keamanan pangan mencakup berbagai aspek, termasuk produksi, pengolahan, penyimpanan, distribusi dan konsumsi makanan,” jelasnya.

Tujuan utama keamanan pangan adalah untuk melindungi kesehatan manusia dan mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh makanan. Dalam penyajian makanan di era modern saat ini, tidak terlepas dari bahan-bahan pendukung yang terbuat dari plastik.

“Resiko kesehatan dari mikroplastik dan plastik pada manusia sangat berpotensi besar. Untuk itu, Health Section-Industrial Hygiene bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tanjabtim untuk memberikan materi sosialisasi,” terangnya.

Sementara, Medical Supervisor, M. Nasrudin, SKM menerangkan, bahwa sosialisasi ini adalah bentuk kepedulian SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd terhadap karyawan dan masyarakat sekitar wilayah operasional. Karena banyak karyawannya disaat istirahat yang mengkonsumsi di makanan di warung sekitar Geragai ini.

“Ini adalah kepedulian dan kepatuhan terhadap peraturan Dinas Kesehatan, agar menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan ditempat kerja,” ujarnya.

“Berkaitan dengan itu, sosialisasi Kantin Sehat ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) kepada karyawan dan masyarakat yang diakibatkan keracunan makanan,” tambahnya sembari menutup.(*/Rosta)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 81 = 87