16 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Waduh, Ada Praktik Rentenir di Sekretariat DPRD Merangin

2 min read

JAMBIDAILY MERANGIN- Merebak informasi adanya praktik rentenir terjadi di internal Sekretariat DPRD Kabupaten Merangin.

Dugaan praktik ilegal praktik rentenir tersebut melibatkan salah seorang pejabat keuangan di sekretariat DPRD bersama sejumlah oknum anggota DPRD Merangin yang memberi pinjaman dengan bunga tinggi.

Dari informasi yang dihimpun Jambidaily.com di lapangan, praktik rentenir di tubuh Sekretariat DPRD Merangin ini, bukan hal baru.

Setiap ada kegiatan, baik itu studi banding (stuba) maupun konsultasi, para anggota DPRD Merangin selalu mengandalkan rentenir untuk urusan keuangan.

Bunga rentenir itu pun sangat tinggi sebesar 10 persen dari total dana pinjaman.

Ketika Sekretariat DPRD meminjam dana sebesar Rp1 miliar, maka total uang yang dikembalikan yakni Rp1,1 miliar terhitung dengan bunga 10 persen yakni 100 juta.

Praktik rentenir ini sudah berlangsung lama, jauh sebelum pemerintahan Mashuri Nilwan menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Merangin dulu.

Dalam menjalankan praktek ini alasan pihak keuangan DPRD Merangin uang kosong, maka mau tidak mau jika melakukan perjalanan dinas ke luar kota anggota DPRD Merangin harus meminjam uang terlebih dahulu.

Padahal menurut informasi yang dihimpun media ini, bahwa pihak sekretariat DPRD Merangin, dalam satu bulan beberapa kali melakukan pencairan GU maupun LS, namun uang tersebut di transfer ke sejumlah rekening, bahkan ada ke rekening yang tidak ada sangkut pautnya, dengan DPRD Merangin.

Sementara itu Rozali Mantan Plt Sekwan ketika di hubungi via Telpon seluler yang biasa digunakannya bernada tidak aktif.

Begitupun Yusmarni Kasubag Umum Sekretariat DPRD yang sebelumnya menjabat sebagai bendahara pengeluaran di DPRD Merangin ketika di konfirmasi via whatsaapp belum menjawab pesan yg dikirim media ini.

PLT Sekretariat Dewan (Sekwan) Hj.Siti Aminah.MM ketika di datangi Jambidaily ke ruangannya Senin (14/10) sedang tidak berada ditempat.

“Ibu belum masuk kantor bang biasa nya beliau masuk agak siang, beliaukan berkantor di dua instansi selain Plt Sekwan beliau juga menjabat sebagai Kepala BPPRD.”Ujar salah seorang stap secretariat DPRD Merangin.***

nazarman

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 38 = 43