27 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Jelang Pelaksanaan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Danrem 042/Gapu Rapat Intern Gunakan Vicon Bersama Pangdam II Sriwijaya

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI — Para Dansat Jajaran Kodam II/Sriwijaya melaksanakan Vicon dengan Pangdam II/Sriwijaya dari wilayah masing-masing, membahas tentang Penyiapan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 menjelang New Normal, di wilayah Kodam II/Swj.

Danrem 042/Gapu Kolonel Kav M. Zulkifli mengikuti Vicon dengan Pangdam II/Sriwijaya, didampingi Pasiops Mayor Inf Herman Nursali beserta Perwira staf Korem, bertempat di Ruang C4ISR Makorem 042/Gapu, Kota Jambi, Jum’at (29/5/2020).

Dalam arahannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menekankan agar dalam membantu Pemda di lapangan seyogyanya TNI lebih dewasa dan jangan terlalu kaku dalam melaksanakan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan kepada masyarakat terutama di tempat-tempat keramaian yang sering dikunjungi. “Kegiatan prajurit di lapangan dalam membantu Operasi Penegakkan Pendisiplinan Protokol Kesehatan atau kegiatan pembatasan lainnya harus santun, agar lebih fleksibel, ramah dan humanis”, kata Pangdam.

Selanjutnya, dalam Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19, agar melaksanakan koordinasi dan bekerjasama antara TNI, Polri, Pemda dan pengelola tempat-tempat keramaian seperti Marking, pemasangan Banner untuk mengingatkan, CCTV untuk mengawasi, Pengumuman untuk mengingatkan, fasilitas pendukung dan penyemprotan Disinfektan secara berkala.

Lebih lanjut dikatakan, agar Protokol Kesehatan dilaksanakan mulai dari saat pengunjung tiba di obyek, antri dengan jarak aman, diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan Thermo Gun sekaligus diingatkan untuk senantiasa jaga jarak aman dan menggunakan masker selama di dalam obyek, selanjutnya pengunjung diwajibkan mencuci tangan atau menggunakan Hand Sanitizer sebelum memasuki/keluar dari obyek.

“Bila terdapat pengunjung yang tidak memenuhi protokol atau tidak sesuai prosedur yang harus diikuti, contoh ; bila suhunya di atas 37,5 derajat celcius maka dilarang masuk, dicatat dan dikirimkan kepada gugus tugas setempat untuk dilaksanakan Tracking dan Tracing”, terang Mayjen TNI Irwan.

Kemudian, apabila ada pengunjung yang tidak menggunakan masker, maka akan diingatkan dan petugas juga siap dengan masker cadangan bila dibutuhkan bagi pengunjung yang tidak menggunakan masker. “Di dalam obyek, petugas agar melaksanakan patrol untuk memastikan dan mengingatkan Protokol Kesehatan kepada pengunjung dan pengelola obyek”, ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menegaskan agar seluruh personel memahami tugas dan tanggungjawab yang diberikan sesuai Direktif dari Panglima TNI.

“Pelaksanaan Pendisiplinan Protokol Kesehatan juga harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit secara aktif tanpa terkecuali. Patuhi Protokol Kesehatan dalam melaksanakan tugas mulai dari penggunaan masker, jaga jarak dan cuci tangan”, pungkasnya.

Usai Vicon, Danrem 042/Gapu Kolonel Kav Zulkifli, menyampaikan meski kebijakan new normal belum diberlakukan di Jambi, namun prajurit TNI dari jajaran Korem 042/Gapu siap melaksanakan kebijakan tersebut di wilayahnya.

Danrem mengakui kesiapan prajuritnya dalam melaksanakan kebijakan new normal di wilayah Jambi, “Kita selalu siap. Kita akan kerahkan prajurit jajaran Korem 042 Gapu untuk melaksanakan kebijakan new normal,” tegasnya.

Dan kita sudah perintahkan kepada seluruh prajurit TNI di Provinsi Jambi untuk bisa menegakkan aturan tatanan hidup normal baru (new normal) saat pandemi Covid-19 dan berharap seluruh prajurit TNI tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugasnya, ujar Danrem. (Penremgapu)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + = 12