Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Satgas Yonif MR 413 Motivasi Pemuda Papua Dengan Sparko Bremoro

2 min read

JAMBIDAILY KEEROM – Para personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Bremoro Pos Yetti membangkitkan semangat pemuda Papua di Kampung Yetti Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom dengan membentuk postur badan yang ideal dan proporsional melalui olah raga Sparko Bremoro.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami, Jayapura, Minggu (3/1/2021).

Diungkapkan Dansatgas, untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan imunitas di masa Pandemi Covid-19 ini, seluruh Pos jajaran Satgas Yonif MR 413 Kostrad untuk membuat sarana olahraga di dalam Pos.

“Di Pos Yetti, para prajurit membuat sarana olahraga ala Sparko yang terbuat dari bahan alam dan memanfaatkan barang-barang bekas.” jelas Dansatgas.

“Ternyata apa yang dilakukan anggota Pos Yetti pimpinan Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto, menarik minat pemuda di sekitar Pos untuk datang dan ikut bergabung dengan anggota, membentuk postur tubuh menjadi lebih ideal dan proporsional.” tambahnya.

Sementara itu Lettu Inf Bagus Dwi Hartanto mengatakan, pembuatan sarana olah raga tersebut merupakan ide dan gagasan anggota Pos, di mana hampir seluruh prajuritnya berbadan ideal.

“Untuk menjaga postur tubuh anggota tetap ideal dan proporsional, kami buat sarana olah raga ala Sparko seperti tiang pull up, angkat besi, tarik tali beban, dan tempat sit up sehingga anggota lainnya bisa termotivasi untuk memiliki postur tubuh yang ideal, ” ujar Bagus.

“Olahraga ini kami sebut olahraga Sparko Bremoro, karena sebelum berangkat ke daerah operasi kami juga sering berlatih di ruang fitness Yonif MR 413 Kostrad dimana perlengkapan tersebut merupakan bantuan dan dukungan dari Bapak Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), ” ungkapnya.

BACA JUGA:  Panglima TNI Mutasi 14 Perwira Tinggi

Lebih lanjut dikatakannya, keterbatasan perlengkapan di daerah operasi, tidak menyurutkan semangat para personel untuk berlatih dengan manfaatkan sarana yang ada dengan memiliki fungsi yang sama untuk membuat tubuh menjadi proporsional, ” imbuh Bagus.

Salah satu anggota Pos Yetti, Sersan Kepala Irwan yang merangkap sebagai wakil komandan Pos Yetti ini begitu memotivasi para pemuda dengan cara dan metode kepelatihan secara terukur.

“Semoga dari latihan bersama ini, badan saya bisa seperti Abang Irwan yang bagus dan terima kasih abang-abang atas kesediaannya melatih kami dengan sabar, ujar Stevanus Yoku (19), salah satu pemuda yang tergabung dalam pelatihan Sparko Bremoro. (Dispenad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *