Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

HUT ke-64 ‘Dengan Kebersamaan, Provinsi Jambi Bergerak Melawan Pandemi Covid-19’

2 min read

Gubernur Jambi/Foto: Mulyadi-Humas/Jambidaily.com

JAMBIDAILY PERISTIWA – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk mempererat persatuan dan kesatuan guna menyukseskan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat.

Ajakan itu disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Provinsi Jambi Tahun 2021 bertema ‘Dengen Kebersamaan, Provinsi Jambi Bergerak Melawan Pandemi Covid-19’, di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi, Rabu (06/01/2021) pagi.

Fachrori mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT Provinsi Jambi yang biasanya digelar dengan banyak peserta upacara, tapi kali ini digelar secara sederhana, khidmat, sangat minimalis dan mematuhi Protokol Kesehatan Pencegahan  Covid-19 di Provinsi Jambi.

Fachrori mengungkapkan, sejak pandemi melanda dunia termasuk Indonesia dan Provinsi Jambi, berbagai kebijakan dalam rangka penanggulangan dampak pandemi Covid-19 dilaksanakan. ”Banyak upaya yang telah dilakukan, mulai dari Pemerintah Pusat telah melakukan refocusing anggaran dalam alokasi bantuan bagi masyarakat yang terdampak, dengan mengalihkan beberapa program untuk membantu masyarakat seperti Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Pembebasan Biaya Listrik Subsidi,” ungkap Fachrori.

“Sejalan dengan itu, Pemerintah Provinsi Jambi terus melakukan berbagai kebijakan dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Jambi, dengan mengalokasikan anggaran dalam penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan Jaringan Pengamanan Sosial (Social Safety Net) bagi masyarakat yang terdampak atau memiliki resiko sosial akibat Covid-19, untuk 30.000 Keluarga Penerima Manfaat, sebesar Rp600,000 per rumah tangga pada tahap I dan sebesar Rp300.000 per rumah tangga tahap II,” jelas Fachrori.

Tantangan kedepannya, ujar Fachrori, dalam membangun Provinsi Jambi dalam situasi pandemi Covid-19 tidaklah ringan, untuk itu, dirinya mengajak semua unsur masyarakat untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan.

BACA JUGA:  29 November: 46 Positif Covid-19 di Provinsi Jambi dan Bertambah 38 Sembuh

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, ke mudik kito serentak satang, ke hilir kito serangkuh dayung. Kalu kini padi seladang bernas sepalang, mudah-mudahan untuk masa mendatang padi seladang bernas seladang. Mari kita bersatu padu menerapkan barisan dalam membangun Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, melawan Pandemi Covid-19,” tegas Fachrori.

Fachrori mengemukakan, sepanjang tahun 2020, aktivitas relatif terbatas dibawah bayangan pandemi Covid-19. Salah satu tantangan terberat yang dihadapi pemerintah yaitu aspek perubahan perilaku, karena pada dasarnya Covid-19 adalah penyakit yang sangat erat hubungannya dengan perilaku masyarakat. Pemerintah telah membuat sistem monitoring Bersatu Melawan Covid-19 yaitu perubahan perilaku untuk menekan penularan dan pengendalian pandemi Covid-19. Pemerintah daerah telah menerapkan Operasi Yustisi untuk menegakkan peraturan disiplin protokol kesehatan, dan juga masyarakat yang tidak patuh akan dikenakan sanksi.

“Hal ini juga mengacu pada instruksi Presiden No.6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Mari kita tingkatkan kepatuhan dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak),  sehingga dapat menghindari potensi penularan,” lanjut Fachrori. (Sapra Wintani/foto: Mulyadi, video: Ardi/Humas Pemprov Jambi).

 

Editor: Hendry Noesae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *