Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tambah Lagi 62 Positif dan 1 Meninggal Corona di Provinsi Jambi, Ingat Kini sudah Harus 5M

2 min read

Ilustrasi jaga jarak dan melakukan pembatasan untuk mencegah penyebaran COVID-19./ANTARA.

JAMBIDAILY PERISTIWA – Penambahan kasus baru covid-19 di provinsi Jambi, hari ini (Jum’at, 22/01/2020) terdata 62 positif dan 1 meninggal. Perlu diingat kini tidak hanya 3M saja namun sudah 5M dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Berdasarkan data di laman https://pusatkrisis.kemkes.go.id/covid-19-id/ provinsi Jambi, sembuh juga bertambah 41 orang. Secara kumulatif per 22 Januari 2021: 4.189 Positif, 3.056 sembuh, dan 67 meninggal.

Sebelumnya (Kamis, 21/01/2021) secara kumulatif;  4.127 Positif, 3.015 sembuh, dan 66 meninggal.

Untuk secara nasional, dikutip melalui detik.com Berdasarkan data yang dibagikan BNPB, Jumat (22/1/2021) tambah 13.632 Kasus Positif, Total kasus positif Corona hari ini menjadi 965.283 kasus. Kemudian kasus sembuh Corona mengalami penambahan 8.357, totalnya saat ini menjadi 781.147.

Sedangkan kasus meninggal bertambah 250, sehingga total menjadi 27.453. Data perkembangan pandemi virus Corona di RI dikumpulkan setiap hari per pukul 12.00 WIB.

BNPB Pusat dan diteruskan Pemerintah provinsi Jambi mengajak masyarakat Gergaji (Gerakan Keluarga Jaga Kesehatan Mandiri) Covid-19.

Cara yang kita lakukan ialah Tetap di rumah, keluar rumah hanya jika ada keperluan; Jaga Jarak dan hindari kerumunan; laksanakan perilaku hidup sehat: mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tingkatkan daya tahan tubuh, gunakan masker; dengarkan dan ikuti imbauan pemerintah dalam upaya pencegahan covid-19; dan selalu berdoa kepada Tuhan YME.

Tak henti-hentinya pemerintah terus mengajak masyarakat melalui berbagai saluran media untuk menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin.

Sementara itu diberbagai kesempatan, jambidaily.com menemukan masih banyak masyarakat yang abai akan jarak dan penggunaan masker  yang tepat dan baik bagi kesehatan, terutama ampuh meminimalisir penularan covid-19.

Hal ini sangat dibutuhkan kesadaran kita bersama, merujuk dari data yang disampaikan pemerintah pusat maupun satuan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di tingkat provinsi hingga kabupaten/kota masih menunjukan adanya penambahan kasus baru.

BACA JUGA:  Waspada Kemarau, Polres Tanjab Barat Gelar Survey dan Zonasi Lahan Semi Gambut

Masyarakat diharapkan terus patuh protokol kesehatan (Prokes) dalam menjalankan 3M; Menjaga jarak dan tidak berkerumun, Mencuci Tangan dengan sabun dan air mengalir, serta Memakai Masker.

Terkini telah diterapkan protokol kesehatan terbaru, yaitu gerakan 5M COVID untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Apa itu 5M? Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

 

 

(Hendry Noesae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *