08/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Cek Penerapan Prokes Sekolah, Babinsa Bersama Tim Gugus Tugas Covid Sambangi SMP Negeri 7 Kualajambi

2 min read

JAMBIDAILY KUALAJAMBI – Babinsa Koramil 01/Muarasabak Kodim 0419/Tanjab bersama tim gugus tugas covid-19 Kecamatan Kualajambi Kabupatyen Tanjab Timur melaksanakan pengecekan secara langsung kelengkapan dan kesiapan protokol kesehatan (Prokes) di SMP Kecamatan Kualajambi. Hal itu dilakukan, guna memastikan pelaksanaan prokes proses belajar mengajar tatap muka dimulai, telah diterapkan pihak sekolah.

Dalam kegiatan pengecekan tersebut, Babinsa Kelurahan Tanjung Solak Kec Kuala Jambi Serka Rowandi, ikut turun langsung pengecekan penerapan prokes di sekolah ini untuk memastikan kelengkapan Prokes di sekolah tersebut.

“Yang kita cek diantaranya, seperti garis antrian, jalur antrian, perlengkapan cuci tangan, sabun, kran air, saluran pembuangan air, Hand sanitizer/Hand rub, thermo gun, dan termasuk siswa yang tidak pakai masker” ujar Rowandi, Senin (1/2/2021).

Selain itu, Rowandi juga membagikan masker kain kepada masing-masing siswa, Face Shiled untuk guru pengajar, absensi protokol kesehatan siswa.

“Kita juga melihat langsung ruangan isolasi siswa dengan gejala umum dan disinfektan maupun pengaturan ruangan kelas untuk belajar siswa,” tambahnya.

Selain itu Serka Rowandi menjelaskan mengenai Prokes, diantaranya penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh. Saat berada di sekolah, peserta didik dan tenaga pengajar diwajibkan menggunakan masker. Setiap orang yang akan memasuki sekolah juga akan melalui pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun.

Sesuai aturan prokes lanjut Babinsa, peserta didik dan tenaga pengajar wajib berada dalam kondisi sehat. Orang dengan penyakit komorbid tidak diperkenankan masuk ke sekolah.

“Guru atau orang tua yang punya resiko komorbid sebaiknya tidak masuk dulu ke sekolah,” tegasnya.

Kemudian kapasitas kelas juga dibatasi. Pun demikian para warga sekolah harus tetap menerapkan jaga jarak fisik.

Ditempat terpisah, Danramil Muarasabak Kapten Inf Taufik mengatakan kegiatan ini juga sebagai ajang untuk menjalin tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat. Sehingga ke depan dapat terjalin kerjasama yang baik. Hal tersebut dilakukan, demi menciptakan situasi yang kondusif, untuk membangun kesadaran masyarakat khususnya anak sekolah dalam menjalankan dan menaati aturan Prokes sesuai aturan pemerintah sebagai langkah pencegahan covid-19, sehingga masyarakat dapat terhindar dari virus corona.

BACA JUGA:  Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad, Bersihkan Gereja Mapenduma

Kegiatan ini merupakan kebijakan dari Pimpinan Komando Atas yang disampaikan secara lisan kepada jajaran Danramil bahwa di daerah teriritorial yang situasi dan kondisinya dalam keadaan new normal Babinsa sebagai aparat teritorial senantiasa menegakkan disiplin protokol kesehatan di tengah pandemik covid-19, tegasnya. (**/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *