01/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Semangat Prajurit TNI Motori Donor Darah Saat Virus Corona Melanda

2 min read

JAMBIDAILY TELANAIPURA – Penerapan physical distancing dan pembatasan aktivitas di luar rumah sejak wabah COVID-19 membuat banyak kegiatan donor darah terhenti. Hal ini menyebabkan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) berkurang secara drastis, padahal kebutuhan transfusi darah tidak menurun.

Virus Corona penyebab COVID-19, yang dikenal juga dengan SARS-CoV-2, merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini dapat menular apabila seseorang secara langsung menghirup percikan air liur yang dikeluarkan penderita COVID-19 ketika bersin atau batuk.

Selain melalui percikan air liur, virus Corona juga dapat masuk ke dalam tubuh seseorang jika orang tersebut menyentuh barang yang sudah terkontaminasi virus ini kemudian menyentuh hidung, mulut, atau mata tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.

Hingga saat ini, tidak ada laporan kasus yang menyebutkan bahwa virus yang menyerang sistem pernapasan, termasuk virus Corona, menular melalui transfusi atau donor darah.

Mendonorkan darah di saat wabah COVID-19 juga sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena prosedur selama donor darah sudah diatur dan diusahakan seaman mungkin, demikian disampaikan Danramil 09/Telanaipura Kodim 0415/Batanghari Mayor Inf Widi Purwoko, S.E.melalui rilis tertulisnya yang diterima jambidaily.com, Selasa (16/2/2021).

Lebih lanjut Widi mengatakan bahwa mendonorkan darah atau menyumbangkan darah kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang mulia dan sangat positif.

Hal ini karena dengan mendonorkan sebagian darah berarti telah memberikan pertolongan kepada orang lain sehingga seseorang selamat dari ancaman yang membawa kepada kematian, ujar Perwira melati satu ini.

Dalam kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PT. Gramedia Asri Media bekerjasama dengan PMI kota Jambi di toko buku Gramedia Jambi ini melibatkan 50 orang pendonor dari personel Kodim 0415/Batanghari, anggota Yonif Raider 142/KJ, karyawan Gramedia dan masyarakat setempat pada Senin (15/02/2021) kemarin.

BACA JUGA:  Aksi Nyata Babinsa Bantu Warga Ditengah Banjir

Aksi sosial yang dimotori institusi TNI ini bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan darah, sekaligus sebagai wujud pengabdian personil TNI di wilayah kota Jambi.

Widi juga mengajak personil TNI lainnya dan juga warga masyarakat untuk mendonorkan darahnya agar bermanfaat bagi orang yang membutuhkan.

“Banyak sekali manfaat donor darah, salah satunya dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakangpun akan segera memproduksi sel darah merah untuk menggantikan yang hilang”, tegasnya.

Dan ini sudah sesuai fatwa MUI bahwa donor darah hukumnya diperbolehkan, asalkan tidak membahayakan jiwanya dalam kondisi yang dibutuhkan untuk menolong orang lain, tandasnya. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *