08/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pangdam II/Sriwijaya Dampingi Tim Komisi I DPR RI Kunjungi Korem 043/Gatam

2 min read

JAMBIDAILY PALEMBANG – Dalam rangka Reses Masa persidangan III Tahun Sidang 2020-2021, Tim Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Markas Korem 043/Garuda Hitam, Jln. Teuku Umar Kedaton Bandar Lampung Provinsi Lampung, Rabu (17/2/2021).

Kehadiran Tim Komisi I DPR RI yang terdiri dari Ketua Komisi I DPR RI Meutia Viada Hafid dan anggota Komisi lainnya di Makorem 043/Gatam ini didampingi langsung oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dan disambut Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom., Kasrem 043/Gatam beserta seluruh pejabat utama Korem 043/Gatam._

Dalam kunjungan tersebut Pangdam II/Swj dan Danrem 043/Gatam beserta para Kasi Korem 043/Gatam melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Tim Komisi 1 DPR RI yang digelar di Aula Ahmad Yani Makorem 043/Gatam.

Mengawali rapat tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan selamat datang di Provinsi Lampung salah satu wilayah Kodam II/Swj kepada Tim Komisi I DPR RI.

Adapun tugas dan tanggung jawab Kodam II/Swj mencakup wilayah Sumbagsel, yang meliputi 5 Provinsi dengan 5 Korem, yang terdiri dari ; Korem 041/Gamas meliputi wilayah Provinsi Bengkulu, Korem 042/Gapu meliputi wilayah Provinsi Jambi, Korem 043/Gatam meliputi wilayah Provinsi Lampung, Korem 044/Gapo meliputi wilayah Provinsi Sumatera Selatan, dan Korem 045/Gaya meliputi wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dimana tiap-tiap Korem dipimpin seorang Danrem yang berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

Sehubungan dengan pandemi Covid-19, Kodam II/Swj telah melakukan upaya membantu Pemerintah Daerah, bersama-sama dengan Polri dan segenap komponen masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan memberikan edukasi secara persuasif agar masyarakat lebih peduli dalam mematuhi protokol kesehatan dan mengetahui pentingnya vaksinasi. Yang lebih detailnya akan dipaparkan oleh Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumiarto, S.S., M.I.Kom.

BACA JUGA:  Kasi Perencanaan Korem 042/Gapu Ikuti Rakernis bidang Perencanaan dan Anggaran Secara Virtual

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Viada Hafid menyampaikan bahwa, Komisi I DPR RI sangat mengapresiasi Kodam II/Swj khususnya Korem 043/Gatam dalam mendukung penanganan Covid-19 dan pengamanan distribusi Vaksin di Provinsi Lampung serta meminta Korem 043/Gatam mengambil langkah strategi dalam hal pertahanan dalam mendukung tugas pokok TNI. “Tugas kami selaku Komisi I DPR RI adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan lingkup tugas di bidang pertahanan, luar negeri, komunikasi, informatika dan intelijen”, kata Meutya Havid.

“Maksud dan tujuan kunjungan kami kesini adalah dalam rangka melakukan fungsi kami untuk mengetahui tentang kesiapan Korem 043/Gatam dalam pelaksanaan tugas di bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yakni, mendukung penanganan Covid-19 dan pengamanan distribusi Vaksin di Provinsi Lampung”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono, S.S., M.I.Kom., memaparkan secara detail terkait kesiapan Korem 043/Gatam dalam mendukung penanganan Covid-19, pengamanan distribusi vaksin dan pengamanan vaksinasi di wilayah Korem 043/Gatam.

Setelah paparan selesai dilanjutkan dengan sesi tanggapan atau pertanyaan dari Anggota Komisi I DPR RI. Pertemuan Komisi I DPR RI, diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari Pangdam II/Sriwijaya dan Danrem 043/Gatam dengan Ketua Tim Komisi I DPR RI, dilanjutkan dengan sesi foto bersama. (**/red/pendam II)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *