Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Heboh..Bunga Bangkai Raksasa Hiasi Lembah Masurai

1 min read

JAMBIDAILY MERANGIN-Cerita keindahan dan kekayaan lembah Masurai tak akan pernah habisnya.

Berbagai kekayaan flora tumbuh subur di Lembah yang sering disebut “surga’ para petani kayu manis di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi itu.

Tak hanya itu, baru ini masyarakat dihebohkan dengan temuan salah seorang pemilik kebun di Desa Rancan Kecamatan Lembah Masurai atas kehadiran Bunga Bangkai Raksasa setinggi dua meter.

Dilembah ini juga menjadi kawasan Seperti bau ini salah seorang pemilik kebun dikawasan yang permenemukan Bunga Bangkai dengan ukuran raksasa setinggi 2 Meter.

Pemilik kebun, Afrianto menyebutkan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatra itu sudah tumbuh sekitar dua minggu lalu dikebun kopi miliknya.

“Kalau tidak salah Bunga Bangkai ini tumbuhnya sudah dua minggu, tingginya diperkirakan mencapai dua meter lebih,” ungkapnya, Minggu (28/2/21).

Dirinya juga mengatakan, tumbuhan yang dapat menghasilkan bunga setinggi 5 Meter dan juga dikenal sebagai tumbuhan dengan Bunga terbesar dunia itu sebelumnya juga pernah tumbuh diwilayah tersebut.

“Iya, sebelumnya juga pernah tumbuh pada tahun 2019 lalu, tapi tingginya tidak setinggi sekarang. Dulu rendah namun ukurannya besar,” katanya.

Untuk diketahui, di Indonesia Bunga Bangkai Raksasa juga dikenal dengan nama Kibut dengan nama lathin Amorphophallus titanum Becc.

Disebut Bunga Bangkai dikarenakan bunganya mengeluarkan bau busuk seperti bangkai, yang tujuan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.(*)

 

Editor : Hery FR/Sumber: https://selayang.id

 

 

BACA JUGA:  Pisang Epe Khas Makassar Hadir di kota Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *