12/06/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Diskusi Peluncuran Kartu Berobat, Ini Kata Mahasiswa Tanjab Barat

2 min read

JAMBIDAILY TANJAB BARAT – Wacana Peluncuran kartu berobat gratis oleh Pemkab Tanjab Barat, untuk Masyarakat yang belum terdaftar pada program BPJS mendapat tanggapan dari kalangan masyarakat salah satunya mahasiswa asal Tanjab Barat Ferdiono.

Ferdiono mengatakan program berobat gratis ini sudah merupakan kewajiban Pemerintah ,dalam pemenuhan hak jaminan kesehatan yang layak bagi masyarakat dan kita menyambut baik ,terkait program kebijakan Pemkab Tanjab Barat ini.

“Namun yang harus diingat kebijakan ini jangan sampai bertabrakan dengan peraturan perundang-undangan ,yang ada karena program berobat gratis selama ini sudah dilakukan ,selaras dengan program Pemerintah Pusat,” Tutur Ferdiono, Sabtu (13/3/2021).

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mendata setiap Masyarakat, yang belum mendapatkan BPJS,” sambungnya lagi.

Lebih lanjut Ferdiono mengatakan bahwa jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) melalui BPJS .yang mana ini merupakan agenda strategis skema jaminan kesehatan Nasional, yang impelementasinya harus tuntas sampai ke level Kabupaten/Kota.

“Maka dari itu kita akan melihat sejauh mana kebijakan ini mampu menyentuh dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga tidak sekedar hanya menjadi seremonial untuk menepati janji politik dan ajang obral, untuk menarik simpati masyarakat,” tandasnya .

Sementara itu, pemerhati Hukum, Ilham Singgih Prakoso, S.H mengapresiasi wacana peluncuran Kartu berobat yang diwacanakan oleh Pemerintah Tanjab Barat. ini merupakan kebijakan yang Visioner dan Progresif karena sebelumnya, belum ada kebijakan yang seperti ini, Namun kebijakan seperti ini harus juga dikaji lebih dalam dan dipertimbangkan secara matang terutama dari segi anggaran.

“Pertanyaannya melalui apa program ini akan dibiayai, jika menggunakan APBD maka harus dilihat kemampuan APBD nya mengingat penanganan pandemi Covid-19 ini juga menggunakan dana yang bersumber dari APBD,” ungkap Ilham .

BACA JUGA:  Restaurant Service Managers Still Prioritize Health Protocols

(Hmi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *