12/06/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pembangunan Jalan Program TMMD Kodim Batanghari akan memperlancar perekonomian masyarakat Desa

3 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – TMMD Reguler Ke-110 tahun 2021 di wilayah Kodim 0415/Batanghari tepatnya di Kecamatan Desa Sungaiterap Kecamatan Kumpeh Ulu, telah dilaksanakan sejak tanggal 2 maret yang lalu dibuka secara resmi dan digelar secara seremonial oleh Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno.

Pada kesempatan kali ini, tepatnya hari Sabtu (13/3/2021) siang, Warga Sungaiterap, dimana dilaksanakannya program TMMD 110 Kodim 0415/Batanghari kedatangan orang nomor satu di Bumi ” Sailun Salimbai ” yakni Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro.

Bupati Masnah mengatakan kehadiran Satgas TMMD Kodim 04125 Batanghari mampu membawa angin segar bagi masyarakat Desa, daerah yang kesehariannya lengang.

“Kali ini diramaikan oleh anggota Satgas TMMD dimana para anggotanya berbaur dengan masyarakat baik saat bekerja membangun akses jalan maupun pada saat istirahat mereka berkumpul dan berkomunikasi dengan masyarakat  setempat,” ujarnya.

“TMMD bukan saja mengerjakan sasaran fisik tetapi lebih dari itu bagaimana masyarakat mengenal anggota TNI lebih dekat lagi, ini juga bagian Kegiatan Komsos (komukasi sosial) dengan tujuan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat,” terang Bupati.

Masnah menilai jika keberhasilan program TMMD ke -110, merupakan suatu hal terpenting untuk dijadikan tolak ukur keberhasilan ditahun berikutnya.

“Oleh sebab itu, apabila perencanaan, pelaksanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang benar, selektif dan akurat di lapangan maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal dan berguna bagi masyarakat kabupaten Muarojambi,” tururnya.

Disamping itu, manfaat TMMD akan memperlancar perekonomian sebagai penghubung akses jalan untuk membawa hasil pertanian masyarakat yang sudah lancar. Bahkan dapat mempersingkat jalan antar Desa.

Sementara, Dandim 0415/Batanghari Kolonel Inf J Hadiyanto selaku Dansatgas TMMD 110, menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah Muarajambi telah memberikan kegiatan ini, sehingga telah terlaksana kegiatan TMMD ke 110 ini.

BACA JUGA:  Anak - anak Desa Sungaiterap Antusias lihat Drone Satgas

Lanjut Hadiyanto, sebelum TMMD dibuka, telah dilakukan kegiatan Pra – TMMD, dimana sebenarnya sesuai intruksi Komando Atas kegiatan TMMD ini kita diberi waktu selama satu bulan.

“Iya TMMD kita targetkan rampung  dan akan kita tutup tanggal 31 Maret 2021, untuk itu selama 30 hari itu para prajurit akan bersinergi dan bergotong royong dengan Pemda, polres Muarojambi, maupun segenap komponen bangsa lainnya,” sebut Dandim.

“Kebersamaan yang selalu terjadi itu, merupakan wujud sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, termasuk membantu pemda untuk mempercepat pembangunan di daerah,” ujarnya.

Selain itu berguna dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Sasaran fisik TMMD ke-110 dengan menggunakan anggaran APBD Muarojambi tahun 2021 meliputi pembukaan Jalan peghubung dari Desa Sungaiterap Kec. Kumpeh Ulu menuju Desa Sungaigelam Kec. Sungaigelam  Kab. Muaro Jambi sepanjang 5.350 M dan lebar dengan Type 1 (8 Meter) dan Type 2 (4 Meter).

Selanjutnya akan membuat jembatan di 4 titik sepanjang 6 meter dan lebar 4 meter, adapun posisi jembatan 2 titik disawah dan 2 titik lagi berada didekat perbatasan antara Desa Sungai sungaiterap Kec. Kumpeh Ulu dan Desa Sungaigelam Kec. Sungaigelam Kab. Muarojambi. Pemasangan Gorong – gorong  1 titik yang berada di tengan Sawah dengan Diameter 1 meter dengan lebar 8 meter (8 Polongan).

Sedangkan untuk wilayah Desa Mekarjaya, Satgas TMMD akan membuka jalan peghubung dari Desa Mekarjaya menuju Desa Talangbelido  Kec. Sungaigelam  Kab. Muarojambi dengan panjang  4.400 meter dan lebar 8 meter.

Juga memasang Gorong – gorong  2 titik, 1 Single Diameter 1 Meter dengan lebar 8 meter (8 Polongan) yang berada didekat kebun karet dan 1 Doble Diameter 1 meter dengan lebar 8 meter (16 Polongan) yang berada dirawa – rawa, ujar Hadiyanto.

BACA JUGA:  Mabes TNI Gelar MTQ Tingkat TNI TA 2020 

Untuk Sasaran tambahan, Satgas TMMD akan merehab 3 (tiga) unit Poskamling dan pengecatan menara Masjid Baitul Muttaqin dan merehab 3 (tiga) unit rumah yang tidak layak huni, tambahnya..

Pada kesempatan yang sama Kepada Dinas pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Muarojambi, Yultasmi mengatakan sangat sependapat kegiatan TMMD sangat membantu masyarakat desa sasaran fisik yang dikerjakan.

“Menurutnya, sejak awal dirinya terus ikut rapat dan berkoordinasi  bersama Kodim 0415/Batanghari maupun tingkat Kodam II/Swj Untuk pembahasan TMMD ini agar segera terlaksana, akhirnya melalui proses yang panjang hari ini kita dapat sama sama melihat Bupati Muarojambi meninjau Program TMMD ke 110, walaupun sampai saat belum 100 persen karena waktu pelaksanaan baru jalan 2 minggu, tapi tekad pemda bersama TNI selalu ingin membangun dari segala lini dan sektor, demi kemakmuran masyarakat,” ucapnya.

Pantauan dilapangan, dalam kunjungan tersebut Bupati didampingi Dansatgas meninjau pembuatan jalan desa Sungaiterap dan jembatan. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *