Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Satgas TMMD Kodim Batanghari Gandeng DLH Gelar Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0415/Batanghari di wilayah Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi selain melaksanakan sasaran fisik juga dilakukan sasaran non fisik.

Salah satu sasaran non fisik yang dilaksanakan, Satgas TMMD bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muarojambi menggelar Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup yang disampaikan Kabid Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muarojambi, M Yakin di Balai Desa Sungaiterap Kecamatan Kumpeh Ulu, Kamis (18/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Pijoan, Kapten Inf Rilman, Kepala Desa Sungaiterap, Toga, Tomas dan Todat, Hadir dalam giat itu kurang lebih 50 orang.

Dalam sosialisasinya Kabid Komunikasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muarojambi, M Yakin menyampaikan, Terjadinya Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan bukan terjadi begitu saja.

“Bencana ini utamanya terjadi karena kurangnya daerah resapan air akibat penggundulan hutan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan bangunan, ”katanya.

Cara melestarikan lingkungan, lanjutnya, diantaranya menjalankan progam penanaman pohon agar manfaat penanaman tersebut juga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat agar mengurangi pencemaran udara melalui pembakaran lahan, sebab dampak pencemaran udara sangat tidak baik bagi pernapasan dan banyak penyakit yang timbul akibat pencemaran tersebut.

“Dengan Sosialisasi Lingkungan Hidup ini diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar terutama mengurangi cara penanaman padi dengan lahan dibakar, ”tegasnya.

Satu diantara warga Desa Sungaiterap, Wahab mengapresiasi sosialisasi yang diadakan TNI dalam rangka kegiatan non fisik TMMD ke-110 Kodim 0415/Bth Tahun 2021.

“Kegiatan sosialisasi seperti ini sangatlah bermanfaat bagi kami, dengan adanya kegiatan ini kami mendapatkan pengetahuan dari materi yang disampaikan terutama cara melestarikan lingkungan disekitar kami, ”jelasnya.

BACA JUGA:  Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/BN Laksanakan Pull Out Pasukan yang Berada di Serambi Terdepan Wilayah Indonesia

Antusisme masyarakat terlihat saat dibukanya sesi tanya jawab yang dipandu pembawa materi. (**/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *