22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Cegah Karhutla di Desa Sungiterap, Satgas TMMD lakukan penyuluhan

1 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Masyarakat harus meningkatkan kepekaan untuk melestarikan lingkungan, jangan menggunduli hutan, jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dampak yang terjadi akan berpengaruh dalam jangka panjang.

Untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Sungaiterap, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 110 Kodim 0415/Batanghari lakukan penyuluhan.

Dansatgas TMMD Kodim 0415/Batanghari Kolonel J Hadiyanto melalui Kaur Bakti TNI Siterdim 0415/batanghari Kapten Inf Suyadi, di Posko TMMD Sungaiterap, Jum’at kemarin (19/3/2021), mengatakan penyuluhan ini merupakan kegiatan Non fisik TMMD ke 110 Kodin 0415 Batanghari, di samping Desa Sungaiterap rentan terjadi karhutla dengan kondisi alam yang ada.

“Kita mendatangkan pembicara untuk memberikan penyuluhan tentang dampak pembakaran hutan, lahan atau ilalang yaitu kerusakan lingkungan, gangguan kesehatan akibat asap,  gangguan kegiatan masyarakat dan citra bangsa di mata dunia,” katanya.

Dijelaskan dia, banyak warga yang mengikuti penyuluhan Karhutla di Desa Sungaiterap,  dan bertindak sebagai sebagai pembicara di acara penyukuhan Karhutla dari Kepala Seksi Perlindungan Hutan Kabupaten Muaro, Sulardi.

Dalam materi Sulardi mengajak semua lapisan masyarakat agar sama-sama menjaga hutan di wilayah masing-masing, termasuk untuk mencegah terjadinya karhutla.

Menurut dia, masyarakat harus meningkatkan kepekaan untuk melestarikan lingkungan, jangan menggunduli hutan, jangan membuka lahan dengan cara membakar hutan karena dampak yang terjadi akan berpengaruh dalam jangka panjang.

“Kita imbau masyakarat jangan membuka lahan dengan cara dibakar, andaipun akan membuka lahan maka gunakan pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB)’, pungkasnya. (**/red)

BACA JUGA:  Kontingen Garuda TNI Siap mengemban Misi Negara di Afrika Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *