06/12/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Triana Agustin A.Md.IP SH MH: Kekuatan Tekad dan Doa Orang Tua

2 min read

RAMAH dan cerdas, itulah kesan pertama penulis saat bertemu dengan Kalapas Perempuan Kelas II B Jambi, Triana Agustin, A.Md.IP, SH MH, ketika bertandang baru ini,  bersama sejumlah pimpinan media, di sela-sela kesibukannya saat membuka pertandingan bola voli dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) pemasyarakatan Ke-57 tahun 202, yang diikuti para warga binaan dan petugas lapas.

Sekilas kita tidak akan percaya bahwa wanita cantik berdarah Musi Rawas ini seorang Kalapas yang mengayomi 166 warga binaan bersama staff dan petugas Lapas perempuan Klas IIB yang terletak di Jalan Lintas Timur Kilometer 29 Desa Bukit Baling, Sekernan, Kabupaten Muarojambi.

Tapi itulah perjalanan karir sukses wanita yang akrab disapa Kak Nana ini, setelah menyelesaikan pendidikannya di Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) pada 2004, dirinya dipercaya sebagai abdi negara di Lingkup Kemenkumham RI.

Berbagai jabatan pernah dilaluinya dengan sukses, mulai dari Kasubsi Reg di Bapas Kelas I Palembang, Kasi Bimbingan di LP Cipinang, Kasi Bimbingan Napi/Anak Didik Lapas Narkotka Kelas II A Lubuk Linggau, Kasi Bimbingan Napi/anak didik Lapas Narkotika Kelas II A Muara Beliti.

Berbekal pendidikan dan pengalamannya mendidik para napi dari berbagai Lapas tersebut, hingga 04 Januri 2020, Dipercaya sebagai Kalapas Perempuan Kelas IIB Jambi.

“Setiap kita dititipi anugerah talenta dari Allah SWT.  Yang  perlu kita lakukan adala memperkuat tekad untuk sukses dalam bidang kita dengan melaksasanakan semua amanah secara profesional dan berintegritas”,itulah salah satu kunci sukses Alumnus S2 Hukum Unib ini berbagi kiat sukses dalam meniti karir.

Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan yang kurang baik, dan harus terus mengembangkan diri melalui pendidikan dan meng-update pengetahuan dalam setiap kesempatan.

BACA JUGA:  Lia : Pandemi, Harus Terus Semangat  Melayani

Dan yang paling penting, adalah doa dari kedua orang tua kita yang merupakan spirit dan kekuatan dalam setiap langkah perjalanan hidup kita.

“Saya merasakan betul, kesuksesan kita tidak terlepas dari doa kedua orangtua kita. Saya sering melihat ayah saya selalu mendoakan kami anak-anaknya,”ungkap Wanita yang  mengaku harus berjuang menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 ditengah-tengah kesibukannya sebagai pegawai dan seorang ibu.

Untuk itulah saya selalu memberikan arahan kepada warga binaan agar terus semangat menatap masa depan yang lebih baik.

“Percayalah Allah SWT sangat sayang dengan kita dan pastinya doa kedua orangtua akan mengiringi setiap langkah kita untuk lebih baik,”sebut Ibu tiga orang anak ini.

Tak hanya selalu menyemangati warga binaannya, Dia bersama staffnya, membuat program-program kreatif yang nantinya berguna bagi warga binaan setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat melalui pelatihan-pelatihan membatik, peternakan dan pertanian.

“Saya bahagia dan bersyukur karena program-program untuk warga binaan mendapat dukungan dari pimpinan dan semua staff, serta mitra kerja semuanya.”

“Percayalah, dengan tekad yang kuat dan doa orang tua maka perjalanan terjal dalam kehidupan akan dapat dilalui menjadi kesuksesan dikemudian hari,” sebut wanita yang akrab disapa Nana ini.(*)

=======================================Biodata===================================

Nama                 : Triana Agustin, A.Md.IP, SH MH

Jabatan              : Kalapas Perempuan Kelas II b Jambi

Penghargaan     : Satya Lencana Karya Satya XX (Perak)

Hobby                : Membaca dan Menyanyi

 

Penulis: Hery Rawas // Foto: Doc. Pribadi dan hendry Nursal (www.jambidaily.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *