Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peluncuran Logo Baru MGMP Informatika

3 min read

Oleh: Noormasri Karyawan, S.Pt., M.Pd (Ketua MGMP Informatika SMA Kota Jambi)

JAMBIDAILY JURNAL – MGMP TIK yang terbentuk pada tanggal 20 September 2017 saat ini telah memasuki usia yang ke 4. Ada banyak Rencana dan kegiatan yang telah terlaksana berkat kekompakan dan Kerjasama antara pengurus dan Anggotanya sehingga mampu memajukan kiprah MGMP TIK SMA Kota Jambi dalam kancah pembelajaran TIK di Provinsi Jambi, khususnya Kota Jambi.

Awal mula terbentukknya MGMP TIK SMA Kota Jambi atas dorongan dari sesama teman guru TIK sebagai rasa solidaritas atas di “singkirkannya” Mata Pelajaran TIK di Kurikulum 2013 (Kurtilas) yang memberangus semangat guru TIK dalam memberikan pelajaran TIK di Sekolah terutama SMA. Munculnya mata pelajaran pengganti TIK yaitu Bimbingan TIK ternyata tidak memberikan angin segar bagi guru TIK di Kota Jambi mengingat semangat guru TIK dalam menjaga Indonesia Berdaulat TIK tidak bisa serta merta tersalurkan hanya dalam bentuk Bimbingan.

Kemudian atas dasar rasa kebersamaan dan solidaritas, maka pada tanggal 28 September 2016 terbentuklah MGMP TIK SMA Masa Bhakti 2016-2018 yang dikukuhkan dengan terbitnya SK Pengurus MGMP TIK SMA Kota Jambi Masa Bhakti 2016-2018 nomor : 800/2811Disdik/2016 tanggal 28 September 2016. dan resmi meluncurkan AD-ART dan desain logo seperti gambar berikut :

Bulan Oktober 2016, Pemerintah resmi melimpahkan kewenangan pengelolaan Pendidikan Menengah SMA/SMK dari Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten ke Dinas Pendidikan Provinsi. Sebagai imbasnya, maka MGMP TIK SMA Kota Jambi juga menjadi binaan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Seiring dengan pentingnya mata pelajaran TIK sebagai mata pelajaran tersendiri dan bukan sebagai bimbingan, maka pengurus MGMP TIK SMA Kota Jambi kemudian membulatkan tekad untuk tetap memberikan materi TIK ke dalam Bimbingan TIK. Selanjutnya Kepengurusan MGMP TIK Kota Jambi pun dialihkanke Provinsi, dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Nomor : 505.C/SK.DISDIK.2.1/VII/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Kepengurusan MGMP Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMA Masa Bhakti 2017-2022, dan mengganti logo MGMP seperti berikut :

BACA JUGA:  Saya Sudah Tahu Pemenangnya

Perubahan nomenklatur mata pelajaran TIK dari semula TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI menjadi INFORMATIKA telah mengubah paradigma serta cara pandang guru TIK untuk Kembali mengasah Kembali Ilmu TIK nya dan menambah pengetahuan tentang berfikir komputasional serta algoritmik, meskipun belum semua SMA menerapkan mata pelajaran Informatika sebagai mata pelajaran wajib, karena hanya beberapa sekolah saja yang dijadikan pilotproject maple Informatika, namun itu semua tidak menyurutkan rasa gembira guru TIK untuk terus berkiprah membangun kecerasan anak bangsa dalam bidang TIK.

Kini Mata Pelajaran Informatika telah resmi menjadi mata pelajaran dan bukan bimbingan lagi, dan dengan rasa percaya diri untuk keberlangsungan mencerdaskan anak bangsa dalam bidang Informatika. MGMP TIK pun kini diganti menjadi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Informatika dan logo lamanya kini berubah seiring dengan perubahan nama maple menjadi Informatika. dan dengan bangga MGMP TIK SMA Kota Jambi meluncurkan logo baru MGMP Informatika  karya  Anggota  MGMP  Informatika SMA Kota Jambi Dedi Irawan  dari  SMA  Negeri 5 Kota Jambi. seperti berikut :

Arti dari logo tersebut sebagai :
Gambar 3 orang yaitu mempunyai makna solidaritas (keluarga)
Warna hijau berarti kehidupan alam,
Warna biru berarti udara
Warna kuning bearti cahaya
Tameng yang ditengah berarti wadah kekuatan dari ilmu yang didapat
Dalam tameng ada gambar 1 set PC dan HP, bermakna sekarang adalah milenial yang semua bisa diakses
Huruf J awal ikon berupa Gentala Arasy dan 2 angsa melambangkan ikon Kota Jambi

Semoga dengan logo baru ini akan membuat gelora dan semangat guru Informatika SMA Kota Jambi semakin meningkat dan akan membuat Mapel Informatika semakin menjadi ujung tombak untuk menuju Indonesia Berdaulat TIK. Aamiin.

2 thoughts on “Peluncuran Logo Baru MGMP Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *