27/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Cegah Penyebaran Virus Corona, Babinsa Semprotan Disinfektan di Lingkungan Sekolah

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI –  TNI terutama aparat kewilayahan berperan penting dalam penanganan virus Corona dan pelaksanaan vaksinasi covid-19. Sesuai dengan petunjuk dan perintah pimpinan, TNI akan selalu berada di garis depan penanganan pandemi covid-19.

Personil TNI secara keseluruhan telah disebar dan dikerahkan sampai ke pelosok wilayah tugas untuk menegakkan protokol kesehatan (prokes). Tugas TNI dalam penanggulangan wabah merupakan implementasi dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Dalam rangka upaya untuk percepatan penanganan  covid-19 dan mengantisipasi penyebarannya, Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah kelurahan Mayang Mangurai Kec. Alam Barajo kota Jambi.

Pembelajaran secara daring dimanfaatkan oleh Serka Afriadi, Babinsa Koramil 415-09/ Telanaipura untuk melakukan penyemprotan disinfektan, Jum’at (21/5/2021) di SDN 130 berlokasi di RT. 33 dan SD Mandiri Excellent School berlokasi di Jl. KH. Ismail Malik RT. 44 Kel. Mayang Mangurai.

Selain Babinsa, kegiatan penyemprotan ini juga dibantu oleh Lurah Mayang Mangurai, ketua LPM, kasi trantib dan pihak/karyawan sekolah itu sendiri.

Menurut Serka Afriadi kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah, sehingga diharapkan sektor pendidikan dan pembelajaran tatap muka akan tetap dapat diselenggarakan dengan baik.

Senada dengan Serka Afriadi, Danramil 415-09/ Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, S.E mengemukakan bahwasanya salah satu cara memutus rantai penularan covid-19 adalah dengan cara menjaga kebersihan yakni membunuh virus Corona sebelum ia menginfeksi manusia.

Cara yang dapat diaplikasikan berupa penggunaan antiseptik untuk membasuh tangan dan bagian tubuh, serta disinfektan yang disemprotkan atau diusapkan pada berbagai benda mati yang mungkin terpapar virus.

BACA JUGA:  Kunjungi Kodim Sarko, Kasdam II Sriwijaya Tinjau Ketahanan Pangan

“Selain melakukan penyemprotan disinfektan, dalam rangka penegakan aturan wajib masker, peran Personil TNI dilibatkan dalam pendisiplinan protokol kesehatan di wilayah sesuai dengan muatan lokal dan tergantung dengan konsep operasi di tiap-tiap pemda.” ujar Danramil.

Babinsa diminta untuk dapat mengedukasi dan sosialisasi, memberikan dan mendorong kesadaran masyarakat untuk melakukan 3M sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru, imbuhnya. (Pendim Batanghari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *