21/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Festival lagu Daerah di TBJ Usai, Didin Siroz: Mari Berjuang Tingkatkan Seni Jambi

2 min read

JAMBIDAILY – Festival lagu daerah di Taman Budaya Jambi (TBJ), 2-4 Juni 2021 telah usai dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi, yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat lagu daerah Jambi.

Dalam sambutannya, Didin Sirojudin Ssn, seluruh peserta memiliki potensi yang sangat berbakat, tetapi potensi dan bakat seseorang tiada guna tanpa adanya proses dengan cara berlatih secara terus menerus.

“Punya potensi sebagai vokalis daerah Jambi, ini jangan dijadikan dadakan dalam berproses. Kalau ini adalah kegiatan yang menjadi hoby, tentu kita butuh pengorbanan waktu, pikiran, tenaga bahkan uang. Potensi dan bakat yang ada di dalam diri, apalah artinya bakat kalau tidak terus di asah kalau lah tanaman perlu disiram, dipupuk biar bertunas dan berkembang dengan baik sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita, jadi tidak bisa serta merta, teruslah berproses,” Urai Didin.

Didin, menyebut ada 60 peserta terdaftar dalam festival yang turut didukung oleh Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia, walaupun tidak keseluruhan dapat hadir karena adanya benturan jadwal, terutama pelajar.

“Jangan berlatih karena dalam rangka festival atau dalam rangka lomba, karena beberapa yang saya amati secara teknis tentu adanya kepiawaian dan itu dibutuhkan proses,” Tambah lelaki yang akrab disapa Didin Siroz.

“Kita harus berbicara kualitas agar terus berkembang, pada akhirnya kita dapat meningkatkan harkat dan martabat lagu daerah Jambi dan seni budaya daerah Jambi, tentunya butuh para pejuang untuk melakukan ini,” Tutur Didin Siroz.

Selain itu, Didin mengajak kepada seluruh peserta yang hadir agar turut berjuang memajukan seni dan budaya daerah Jambi, dimasa teknologi dan kemajuan sarana komunikasi dengan adanya media sosial bisa dijadikan saluran untuk terus menpromosikan karya tersebut.

BACA JUGA:  Mahasiswa KKN Kebangsaan, Gairahkan Wisata Mangrove di Kualalagan

“Kebudayaan itu pada akhirnya sebagaimana tujuan pemerintah, untuk kesejahteraan bagi pelaku, serta berdampak pada masyarkat sekitarnya. Jadi tidak adalah artinya kalau cuma mengejar juara tapi mari kita bersama-sama berjuang meningkatkan kesenian kita,” Tutup Didin Siroz, sembari menutup festival secara resmi.

Andi Gomes, salah satu dewan Juri menjelaskan bahwa peserta berasal dari utusan komunitas, sanggar, mahasiswa, umum kabupaten/kota dalam provinsi Jambi “Kita telah pilih 20 orang finalis, dan dipilih lagi 5 pemenang berdasarkan kriteria penilaian dewan juri,” Ungkap Andi Gomes, didampingi Azmi Alkatiri, dan Ria Indah Pratiwi.

Untuk Juara-juaranya Ialah:
Juara I, Septi Miftahul Rahma (Nomor Urut 20)
Juara II, Andrina Maulidia (Nomor Urut 11)
Juara III, Dede Saputra (Nomor Urut 36)

Harapan I, Bella Azhar (Nomor Urut 21)
Harapan II, Rezky Ramadhanti (Nomor Urut 50)

 

(*/Hendry Noesae)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *