21/09/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kodam II/Sriwijaya Buka Diktuk Bintara Khusus Babinsa TNI AD TA 2021

2 min read

JAMBIDAILY PALEMBANG – Sebanyak 278 Prajurit yang berasal dari berbagai satuan wilayah jajaran Kodam II/Swj mengikuti Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Khusus Babinsa (Bintara Pembina Desa) TNI AD TA 2021 yang diselenggarakan Kodam II/Sriwijaya.

Diktuk Bintara Khusus Babinsa TNI AD TA 2021 ini, dibuka secara resmi oleh Danrindam II/Swj Kolonel Inf Ibnu Jarwadi, Kamis (5/8/2021) pukul. 09.00 WIB, bertempat di Lapangan Upacara Dodikjur Secaba Rindam II/Swj Puntang, Lahat.

Tujuan diselenggarakannya pendidikan ini adalah membentuk Bintara siswa TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Bintara dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta memiliki kondisi jasmani yang Samapta.

Selama lebih kurang 4 minggu (28 hari) kedepan para Bintara siswa akan dibekali, dididik, dilatih dan digembleng dengan pengetahuan dan keterampilan sebagai Babinsa.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam amanat tertulis yang dibacakan Danrindam II/Swj Kolonel Inf Ibnu Jarwadi menyampaikan bahwa, Babinsa merupakan unsur pelaksana Koramil yang bertugas melaksanakan Binter di wilayah pedesaan.

Selanjutnya, Babinsa adalah ujung tombak Teritorial dan Garda Terdepan dalam rantai Binter, yang memiliki peran penting dalam membantu Pemda menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini bagi kepentingan pertahanan negara.

“Terlebih dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin kompleks dan dinamis, antara lain Pendisiplinan Protokol Kesehatan, Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan serta lain sebagainya”, urai Danrindam.

“Mengingat pentingnya pendidikan ini dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas, saya berharap agar kalian mengikuti pendidikan yang singkat ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab”, ujar Kolonel Inf Ibnu Jarwadi mengutip amanat Pangdam II/Swj.

BACA JUGA:  Pemkab Tanjabtim akan Maksimalkan Jalan Baru TMMD 108 Kodim Tanjab

Turut hadir dalam upacara Diktuk Bintara Khusus Babinsa ini antara lain ; para Kabag Rindam II/Swj, para Katim, para Kader, para Kasi Sbagum, para Kasi Sbagdik dan Dandenma Rindam II/Swj.

(Pendam II/Swj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *