22/10/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Meraih Berkah Ditengah Bencana Covid-19

2 min read

JAMBIDAILY PROFIL-Meraih berkah ditengah bencana Covid-19.  Itulah salah satu potret pedagang kelapa muda, Amin (50 tahun) bersama sang istri Ny Ana (47 tahun).

Sepasang suami istri ini mulai bekerja dan melayani para pembeli sejak pagi pukul 08.00 wib hingga pukul 18.00 wib setiap hari tanpa libur, di Kedai Dogan Bu Ana miliknya di kawasan Pakuan Baru Jambi Selatan Kota Jambi.

“Alhamdulillah meski harus bekerja seharian penuh, namun saat Covid-19 melanda permintaan pembeli kelapa muda terus meningkat dari hari biasanya sebelum Covid-19,”ujar Amin kepada jambidaily.com, Senin (27/09/2021).

Diakuinya, kalau sebelum Covid-19, Dia dan istri hanya mampu menjual 30 hingga 40 butir kelapa setiap hari.  Namun sejak Covid-19, dirinya mendapat berkah peningakatan penjualan hingga 100 persen.

“Sejak tahun 2020 lalu penjualan kami rata-rata 80 hingga 100 butir per harinya dengan harga Rp.11.000/butir dari sebelumnya hanya Rp.10.000 per butir,”jelas ayah dua anak ini.

Diceritakannya, usaha ini telah dirintisnya bersama isteri sejak tahun 2003 hingga saat ini.  Awal usahanya, dia hanya dapat menjual  10 butir kelapa muda.  Untuk menutupi kebutuhan keluarganya, sang istri juga mencoba membuat bakso kerikil.

“Waktu itu kami hanya berjualan numpang di pelataran kantor PKK,  karena belum mampu menyewa tempat berdagang.”

Seiring waktu berkat keyakinannya, usaha tersebut mulai dikenal masyarakat dan memiliki pelanggan tetap terutama anak-anak mahasiswa STIKES Harapan Ibu dan para karyawan kantor ditempatnya berdagang yang saat ini telah menjadi kedai Dogan Bu Ana.

“Bersyukur dari usaha ini, kami dapat menyekolahkan dua putri kami ke jenjang SMK.  Dan sekarang kedua anak saya tersebut telah bekerja dan dapat memenuhi kebutuhannya sendiri,”tutur Amin.

BACA JUGA:  Mengenal Lebih Dekat, Nahkoda baru SKK Migas Perwakilan Sumbagsel

Tak hanya itu, dirinya bersyukur karena dagangannya berupa kelapa muda diyakini masyarakat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh ditengah pandemi saat ini.

“Ini berkah kami sekeluarga dapat bertahan ditengah pandemi.  Semoga Pandemi segera berkahir dan kita semua selalu diberikan berkah kesehatan,”pungkasnya.

Melansir dari Honestdocs, air kelapa muda mengandung elektrolit, klorida, potasium dan magnesium yang tinggi, serta kadar gula dan protein dalam jumlah cukup.

Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Mengonsumsi air kelapa lebih baik dan tidak memiliki efek samping, daripada minuman berkafein, seperti kopi dan teh atau minuman bersoda.

Dari rangkuman berbagai sumber, air kelapa muda atau dikenal dengan sebutan dogan tersebut bermanfaat untuk kesehatan;,  diantaranya; Mencegah penyakit ginjal, mengatasi demam tifoid atau tipes, meningkatkan kesehatan jantung dan  menetralisir dan detoks racun. (*)

 

Penulis : Hery FR

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *