29/11/2021

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pelepasan dan Perpisahan Mahasiwa PPL Unbari serta PLP Unja di SMANSA

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Lebih kurang selama dua bulan mahasiswa FKIP Universitas Batanghari (Unbari) mengadakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan mahasiswa FKIP Universitas Jambi (Unja) melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMA tertua di Provinsi Jambi.

Bertempat di Auditorium SMA Negeri 1 Jambi mahasiswa Unbari dan Unja mengakhiri masa PPL dan PLP, saatnya melaksanakan pelepasan Mahasiswa PPL Unbari dan PLP Unja dengan Majelis guru dan Tata Usaha, Kamis, (18/11/2021).

Firman Tara, M.Pd. dosen pembimbing mewakili kedua kelompok mahasiswa PPL dan PLP, dalam kata sambutan perpisahan dan pelepasan mahasiswa mengatakan, selama dua bulan mahasiswa telah mendapat pengalaman lapangan kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan bekal yang mereka miliki menjadi modal jika mereka kelak menjadi guru.

“Mereka mengadakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Mereka berinteraksi dengan anak didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan yang didapat dibangku kuliah,” ungkap Firman Tara dosen Unbari.

Lanjutnya, hari ini pelaksanaan PPL dan PLP telah berakhir. Ia mewakili Universitas menjemput kembali mahasiswa ke kampus untuk melaksanakan kuliah kembali.

“Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga SMA Negeri 1 Jambi, jika ada tingkah laku mahasiswa yang kurang berkenan,” tutup Fiman Tara.

Drs. Anwar Musaddad, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, PPLdan PLP tahun ini beda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan dalam situasi pandemi Covid-19. Mereka mempersiapkan pembelajaran tatap muka dan daring.

“Karena anak didik yang melaksanakan pembelajaran tatap muka 50 % dan daring 50 % dengan demikian dua persiapan pembelajaran yang disiapkan,” jelas Anwar Musaddad.

Lanjutnya, mahasiswa PPL dan PLP telah melaksanakan kegiatan dengan baik. Semoga ilmu yang didapat yang sebentar ini, dapat dikembangkan jika sudah menjadi guru.

BACA JUGA:  Waspada Pandemi Covid-19, Pertamina EP Jatibarang Field Adakan Sosialisasi dan Medevac Drill

“Hari ini mahasiswa yang melaksanakan PPL dan PLP saya serahkan kembali kepada dosen pembimbing,” pungkas Anwar Musaddad.

Diakhir acara pelepasan mahasiswa PPL Unbari dan PLP Unja memberikan cendera mata kepada pihak sekolah yang diterima langsung oleh Kepala SMA Negeri 1 Jambi. (SB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *