17/01/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Hadiri Tonggak Peduli Semeru, Maulana Turut Berdonasi dan Baca Puisi

2 min read

Wakil Wali Kota Jambi/Foto: Humas Kota Jambi

JAMBIDAILY WONDERFUL – Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM hadiri kegiatan seni budaya Tonggak Peduli Semeru di Taman Budaya Jambi (Sabtu, 09/01/2022 malam).

Tonggak Peduli Semeru ialah aksi galang dana yang akan disumbangkan kepada masyarakat terdampak letusan gunung Semeru di provinsi Jawa Timur, pada 4 Desember 2021 menyebabkan banyak korban.

Di Taman Budaya Jambi juga mempergelarkan Monolog ‘IPOH’ karya Arthur S Nalan, Selain itu aksi tersebut pada Car Free Day di area perkantoran Gubernur Jambi, 12 Desember 2021. Lalu Car Free Night di Tugu Keris-Kotabaru, 18 Desember 2021 berupa pembacaan puisi dan musikalisasi puisi.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat atas kesediaan waktu bapak Wakil Wali Kota untuk hadir malam ini di tengah-tengah kami, titip salam hormat saya kepada bapak Wali Kota yang tak berkesempatan hadir karena ada agenda keluar kota. Kami mengundang ini atas rasa kemanusiaan. Seni itu memanusiakan manusia, inilah salah satu bentuknya,” Ujar Hendry Nursal, Sekretaris Teater Tonggak dalam kata sambutannya.

“Hasil donasi dari dua tempat sebelumnya dan malam ini akan kami salurkan melalui Badan Mal Hidayatullah atau BMH,” Tambahnya.

Maulana pun ikut berpartisipasi tidak hanya berdonasi namun juga membaca puisi karya Didin Siroz.

“Seni itu indah, seni ialah keindahan. Saya tidak ahli dalam hal ini, salam hormat saya untuk semua seniman, budayawan dan para tokoh yang turut hadir malam ini. Izinkan saya membaca satu buah puisi,” Tutur Maulana.

Menariknya juga ada pembacaan puisi secara langsung dari para seniman dan tokoh-tokoh yang diundang seperti Didin Siroz, EM Yogiswara, Oky Akbar, Ramayani, Riance Juskal, Ali Surakhman, Titas Suwanda, Zander R Subagja dan lainnya.

BACA JUGA:  Awal Juli, DAAL Hadirkan Proses Kreatif 6 Seniman Muda Lampung dalam buku bertajuk "Prakarsa"

Rangkaian puncak Tonggak peduli Semeru, disajikan Musikalisasi puisi dari Teater Alief, pembacaan puisi juga dihadirkan monolog ‘IPOH’ karya Arthur S Nalan, diperankan Salira Ayatusyifa yang disutradarai Hendry Nursal.

Pada kesempatan ini, Teater Tonggak meluncurkan antalogi puisi dan naskah karya Didin Siroz sebagai bentuk apresiasi pengurus kepada pendiri.

“Buku ini inisiatif dari anak-anak saya di Teater Tonggak, mereka mengumpulkan puisi-puisi karya saya yang tercecer dimana-mana,” Imbuh Didin Siroz.

Didin Siroz memberikan antalogi kepada para ketua sanggar dan komunitas Teater di Jambi, kepada para tokoh seniman dan Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM (*/HN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *