26/05/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Gandeng Pemkab Tanjab Barat dan Muhammadiyah, Koran RADAR TANJAB Gelar Aksi Sosial Penurunan Angka Stunting

3 min read

JAMBIDAILY TANJAB BARAT – Sebagai bentuk kepedulian terhadap stunting, Koran Radar Tanjab menggandeng Pemeritah Kabupaten dan Muhammadiyah Kabupaten Tanjungjabung Barat menggelar aksi sosial.

Acara dihadiri langsung Bupati Tanjungjabung Barat, Drs H Anwar Sadat MAg sekaligus membuka acara Aksi Sosial Peduli Penurunan Stunting yang diselenggarakan Koran Radar Tanjab

Acara yang di gelar di aula Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah/’Aisyiyah Kualatungkal ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat, Muhammadiyah dalam rangka memeriahkan hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022 dan menjelang HUT ke-16 Koran RADAR TANJAB, Kamis (31/03).

Aksi Sosial yang digelar dengan Sosialisasi ini mengangkat Tema ” Dengan Kebersamaan Media, Mari Kita Ciptakan Keluarga Yang Sehat Bebas Stunting”.

Bupati Tanjungjabung Barat, Drs H Anwar Sadat MAg pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas acara yang di gelar, sebagai wujud partisipasi dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Dikatakan, Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memiliki program strategis dengan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI), yang mana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, ditetapkan target penurunan prevalensi stunting dari 24 persen menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan bahwa berdasarkan data riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS), Kabupaten Tanjungjabung Barat sendiri, memperlihatkan bahwa angka balita stunting pada tahun 2019 mengalami penurunan dari 44 persen menjadi menjadi 21.8 persen, sedangkan pada tahun 2021 angka stunting di Kabupaten Tanjab Barat turun menjadi 19,8 persen.

Selain itu, berdasarkan survei status Gizi Indonesia (SSGI), Tanjungjabung Barat termasuk kabupaten terbaik dalam penurunan angka stunting.

“Pada masa akhir kepemimpinan saya Tahun 2024, harus mencapai 14 persen, hal tersebut tidak terlepas dari peran dan kerjasama kita semua untuk menekan dan mencegah stunting di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan, rumah dan masa depan penerus kita semua,”sebutnya.

BACA JUGA:  Maksimalkan Vaksin, TNI Pantau ke Lapangan

Menurut Bupati, dalam upaya penyelesaian permasalahan kurang gizi dan stunting harus melibatkan banyak sektor di dalamnya, sehingga upaya intervensi yang dilakukan seluruh sektor, seperti akses menuju Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES), ketersediaan sanitasi dan air bersih, PAUD dan Parenting, Ketersediaan Pangan, Perlindungan Sosial serta Keluarga Berencana, diharapkan dapat berpengaruh terhadap penurunan prevalensi Stunting.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Bupati menyampaikan, pelaksanaan aksi sosial penurunan Stunting dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan menjelang 16 tahun Koran RADAR TANJAB ini, adalah bagian dari upaya bersama untuk memberikan pemahaman terkait stunting bagi kalangan pers.

‘’Khususnya koran Radar Tanjab telah mengambil peran dengan melaksanakan kegiatan ini untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat terkait stunting, ‘’tukasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tanjungjabung Barat, drh Budiono Riyadi mengatakan, menyambut baik acara aksi sosial penurunan angka stunting. Karena peran banyak pihak soal stunting ini, selain peran pemerintah, juga peran Muhammadiyah dan kalangan pers dalam hal ini koran Koran RADAR TANJAB.

‘’Peran Pemerintah Kabupaten, Muhammadiyah bisa bersinergi dengan Koran Radar Tanjab dalam aksi sosial penurunan angka stunting di Kabupaten Tanjungjabung Barat ini, ‘’ucapnya.

General Manager/Pemimpin Redaksi Koran Koran RADAR TANJAB, Yasmin Simamora mengungkapkan, aksi sosial penurunan angka stunting ini dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas Kesehatan, Dinas P3AP dan KB ini merupakan upaya bersama media bisa mengedukasi guna menciptakan keluarga yang sehat bebas stunting.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan soal stunting oleh tim Dinas Kesehatan dan Dinas P3AP dan KB.

‘’Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab, keluarga besar Muhammadiyah para insan pers dan organisasi pers dalam hal ini PWI, SMSI, jektv dan jambidayli.com, ‘’ucapnya. Acara dilanjutkan dengan pemaparan stunting oleh Tim Dinas Kesehatan dan Tim Dinas P3AP dan KB dan Ketua Generasi Berencana (Genre) binaan Dinas P3AP dan KB.

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Tanjab Barat Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah drh Budiono Riyadi, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Yeri Abdillah, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Pimpinan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah/’Aisyiyah, Kepala Dinas Sosial Drs Saripuddin MM, General Manager/Pemimpin Redaksi Koran RADAR TANJAB Yasmin Simamora, Perwakilan Dinas Kesehatan, Perwakilan P3AP dan KB, kepala sekolah, majelis guru serta tamu undangan lainnya. (yasminsimamora/prokopim tjb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :