02/07/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Hindari Pengaruh Negatif sekaligus Melestarikan Tradisi , Anak-anak dan Remaja Kelurahan Kasang Rutin Latihan Kompangan

1 min read

JAMBIDAILY KOTA JAMBI – Untuk menghindari pergaulan negatif pada anak dan remaja seperti penyalahgunaan Narkoba, tawuran serta pergaulan yang berbau kriminal lainnya, anak-anak dan remaja yang berada dilingkungan RT 9,10 dan 11 Kelurahan Kasang Kota Jambi aktif melaksanakan kegiatan latihan Kompangan yang dilakukan rutin 3 kali dalam seminggu.

“Kegiatan latihan kompangan ini kita laksanakan pada malam hari saja, dan ini rutin kita laksanakan,” ujar Zulkifli salah satu Ketua Pemuda RT setempat, Rabu (18/5/2022)

“Yang tujuannya disamping melestarikan seni Kompangan, juga agar anak anak dan remaja di lingkungan RT kita terhindar dari pengaruh- pengaruh yang Negatif,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Lurah kelurahan Kasang Novri, maraknya kenakalan remaja saat ini diperlukan perhatian dari semua pihak untuk ikut andil dalam menanggulangi pengaruh negatif yang dapat menyeret mereka ke tindakan kriminal dan perilaku yang menyimpang.

“Dan Kita dari pihak Kelurahan sangat mendukung sekali kegiatan latihan Kompangan yang dilakukan anak remaja kita ini, ” jelas Novri.

“Kegiatan positif seperti ini secara tidak langsung dapat menanggulangi anak anak dan remaja terhindar dari pergaulan yang tidak bagus, seperti Narkoba, tawuran dan tindak kriminal lainya,” sambungnya.

Diketahui Seni Kompangan merupakan seni musik yang dimainkan oleh 15 hingga 20 orang anak remaja menggunakan Rebana yang ditabuh dengan telapak tangan serta diiringi dengan lantunan syair yang bernuansa islami. Kompangan merupakan seni serta tradisi yang sudah turun temurun ditampilkan pada saat hari-hari besar islam, hajatan pesta perkawinan, maupun hajatan syukuran lainnya, yang sampai saat ini terus dilestarikan oleh masyarakat Kota Jambi.(Dz)

BACA JUGA:  Perjalanan Betuah (24)

1 thought on “Hindari Pengaruh Negatif sekaligus Melestarikan Tradisi , Anak-anak dan Remaja Kelurahan Kasang Rutin Latihan Kompangan

  1. Keren sih! Pertahankan teman-teman di kasang, semoga selalu memberikan vibes positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :