30 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kedatangan Kasad di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Disambut dengan Tari Sekapur Sirih

3 min read

JAMBIDAILY KOTA JAMBI – Tari Sekapur Sirih menyambut kedatangan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ibu Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, Minggu (17/7/2022) sore.

Tari Sekapur Sirih adalah tarian yang menggambarkan tarian selamat datang tamu-tamu besar atau terhomat. Tari Sekapur Sirih merupakan tari tradisional dari daerah Jambi yang menggambarkan mengenai ketulusan masyarakat setempat dalam menyambut tamu. Di mana tarian tradisional tersebut mengungkapkan ketulusan, sopan santun, serta keramah tamahan.

Fungsi tari sekapur Sirih difungsikan sebagai tarian selamat datang untuk menyambut para tamu kehormatan yang datang ke Jambi. Tari tradisional khas Jambi juga diartikan sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat daerah Jambi ketika menyambut tamu yang datang.

Kasad beserta Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana sendiri terlihat terkesan dengan tarian yang ditampilkan dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Jambi. Selain karena memahami makna tarian tersebut, juga karena prosesi semacam ini menjadi salah satu bentuk pelestarian budaya Indonesia.

Prosesi penyambutan Kasad di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dimulai dengan pengalungan selendang batik kepada Kasad dan penyerahan _hand bucket_ kepada Ketua Umum Persit KCK oleh Putra dan Putri Jambi, dilanjutkan dengan penampilan tarian, serta ditutup dengan gerakan akhir dimana para penari menyajikan kapur dan sirih kepada tamu agung yang datang, sebagai bentuk penghormatan.

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu dijelaskan bahwa Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, beserta rombongan tiba di Bandara Sultan Thaha Jambi pukul 17.10 tadi dengan menggunakan pesawat Carter T7-RTX.

Kedatangan Kasad disambut oleh Gubernur Jambi Al Haris, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Para Danrem jajaran Kodam II/Swj, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Walikota Jambi Syarif Fasha dan Unsur Forkopimda lainnya.

Selama di Jambi, Kasad beserta Rombongan akan melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya besok (18/7) Kasad akan meninjau Lokasi lahan Rawan Karhutla melalui Udara, dan Launching Pembukaan Lahan Ketahanan Pangan di wilayah Kodam II/Swj di Kabupaten Tebo. Selain itu Kasad juga akan memberikan pengarahan pada Apel Terpusat Babinsa Jajaran Korem 042/Gapu.

Malamnya, Kasad dan Ibu beserta rombongan melaksanakan jamuan makan malam Bersama Gubernur Provinsi Jambi serta menerima Penganugerahan sebagai Anggota Dewan Kehormatan Pembina Adat Melayu Jambi oleh Ketua LAM Jambi dengan Pemasangan Lacak, Pemasangan PIN, Pemasangan Kain Songket dan Pemasangan Keris.

Pada hari Selasa, 19 Juli 202, Kasad akan memberikan Kuliah Umum Kasad kepada Mahasiswa Universitas Jambi.

Sebelum kembali ke Jakarta, Kasad akan meresmikan bangunan Makorem 042/Gapu.(*)

Otentikasi : Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM Hatta

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

81 − 79 =