12/08/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Berikan Sesajian untuk Buaya, TBJ Hadirkan ‘Bekaul’ Karya Sanggar Seni Tanggo Rajo Kabupaten Tebo 

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Pentas Apresiasi Seni ‘Bekaul’ Dari Sanggar Seni Tanggo Rajo Kabupaten Tebo di Gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (Rabu, 28/07/2022).

Paket karya pentas Apresiasi Senu yang dilaksanakan Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudyaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Bekaul Dari Sanggar Seni Tanggo Rajo Kabupaten Tebo Karya Apresiasi memenuhi persyaratan tema dan telah melalui proses kurasi dari para kurator. Sesuai kesepakan kami, bahwa tahun 2022 semua karya eksperimentasi, pengolahan dan Apresiasi yang akan difasilitasi Taman Budaya Jambi wajib bertema Upacara,” Terang Eri Argawan, kepala Taman Budaya Jambi.

“Inilah program pengembangan seni tradisional, kegiatan pembinaan kesenian yang masyarakatnya pelaku lintas daerah kabupaten/kota pada sub kegiatan peningkatan kapasitas tata kelola lembaga kesenian tradisional dan sub kegiatan peningkatan pendidikan dan pelatihan SDM kesenian tradisional,” Tandas Eri Argawan.

Karya ini terinspirasi dari sebuah tradisi ritual yang ada di Desa Bedaro Rampak Kabupaten Tebo. Prosesi Ritual pemberian buaya makan dengan sesajian, Proses penghantaran sesajian, serta Penghanyutan sesajian dilakukan di Sungai Batang Hari pada waktu senja hari, kepercayaan terhadap prosesi ritual ini membuat masyarakat percaya bahwa dewa akan melindungi desa dari hal-hal buruk yang akan terjadi. kepercayaan ini kemudian dikenal dengan istilah BEKAUL

Koreografer: Febriati eka Putri S.Sn
Komposer: Awang Permadi S.Sn
Pimpinan Produksi: Rikzki Niko Wahyuni S.Pd Gr.
Pembimbing: Ika Ramadhani S.Sn
Penata Rias & Busana: Desna Rahayu S.Sn
Dokumentasi: Agusti Yudhatama S.Sn
Penari:
1. Della Aprilia
2. Dwi Firma Sari
3. Febriyanti
4. Tri sartika
5. M. Suprio
6. Diky Andrea (*/HN)

BACA JUGA:  Guru Seni MAN 1 Kota Sungai Penuh, Raih 3 Piala Dalam Satu Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :