27/09/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bintek dan Sertifikasi Juri Seni Pertunjukan Dalam Pendukungan Kegiatan Kenduri Svarnabhumi

2 min read

JAMBIDAILY JAMBI – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan pada tahun 2022 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi menyelenggarakan kegiatan Kenduri Swarnabhumi.

Kenduri Swarnabhumi merupakan gerakan kebudayaan yang bertujuan untuk menguatkan ingatan serta memantik kesadaran masyarakat tentang pentingnya peradaban Sungai Batanghari dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan ini juga sebagai upaya dalam menguatkan ekosistem kebudayaan yang berkelanjutan, yang menjadikan budaya sebagai hulu pembangunan.

Provinsi Jambi memiliki keragaman budaya yang meliputi: upacara kepercayaan tradisional, sistem kemasyarakatan dan kepemimpinan, sistem kepercayaan, gotong royong, adat perkawinan, tradisi lisan, bahasa, pakaian, corak arsitektur bangunan, permainan tradisional, seni, kuliner, hukum adat, dan pengobatan tradisional, yang merupakan asset budaya dan modal penting dalam pembangunan yang berasaskan kebudayaan.

Untuk itu Kenduri Swaranbhumi juga menampilkan ragam kegiatan kebudayaan yang melibatkan masyarakat, khususnya generasi muda dan para pelaku budaya.

Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengambil bagian dalam rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi dengan memberikan layanan pembinaan bagi para pelaku budaya melalui Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Juri Seni Pertunjukan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta memberikan pengakuan kompetensi kepada para juri seni pertunjukan di bidang Tari, Teater, dan Musik.

Kegiatan Bimtek Juri Seni Pertunjukan diselenggarakan di Taman Budaya Provinsi Jambi pada tanggal 8 – 10 Agustus 2022 dan dilanjutkan dengan Sertifikasi Juri Seni Pertunjukan pada 11-12 Agustus 2022.

Peserta kegiatan terdiri dari 48 orang yang berpengalaman atau berprofesi sebagai Juri Seni Pertunjukan khususnya di bidang Tari, Teater, dan Musik dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jambi.

Saat pelaksanaan Bimtek, peserta akan di bagi ke dalam tiga kelas, yakni kelas tari, teater, dan musik, yang masing-masing kelas akan diampu oleh satu orang asesor pengajar yang sudah pakar di bidangnya.

BACA JUGA:  Pecah Rekor Lagi! Kasus Corona di RI pada 16 September Tambah 3.963

Pengajar Bimtek Juri Seni Pertunjukan Tari adalah Ida Bagus Ketut Sudiasa dari Universitas Negeri Jakarta, Pengajar Bimtek Juri Seni Pertunjukan Teater adalah Mahatma Muhammad dari Komunitas Seni Nan Tumpah Padang, dan Pengajar Bimtek Juri Seni Pertunjukan Musik adalah Delima Simamora dari Universitas Pelita Harapan.

Peserta yang telah mengikuti Bimtek, langsung diikutsertakan mengikuti sertifikasi atau uji kompetensi. Asesor yang dilibatkan untuk menguji peserta terdiri dari dua orang asesor penguji Juri Seni Pertunjukan Tari, yaitu Een Herdiani dari ISBI Bandung dan Setiastuti dari ISI Yogyakarta, dua asesor Juri Seni Pertunjukan Teater, yaitu Nano Riantiarno dari Teater Koma dan Benny Johanes dari ISBI Bandung, dua orang Juri Seni Pertunjukan Musik, yaitu Otto Sidharta dari Institut Kesenian Jakarta dan Suhendi dari ISBI Bandung.

Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan para juri seni pertunjukan yang cakap dan diakui kompetensinya, yang nantinya akan berimplikasi pada semakin berkualitasnya talenta-talenta budaya yang dihasilkan melalui berbagai ajang kontestasi. ***

1 thought on “Bintek dan Sertifikasi Juri Seni Pertunjukan Dalam Pendukungan Kegiatan Kenduri Svarnabhumi

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :