27/09/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Taj Mahal Entertainment Pergelarkan Tari dan Lagu Khas India di Taman Budaya Jambi

2 min read

Salah satu Tarian yang ditampilkan/Foto: Wildan

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Taj Mahal Entertainment Persembahkan tari dan lagu khas India yang dikemas dalam “One Day Bollywood” Ke-2 di gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi (Sabtu, 10/09/2022).

Seni memiliki sesuatu yang indah dan unik ketika manusia mampu mengembangkan dirinya dalam kehidupannya, maka senipun akan memiliki peran sangar berarti bagi manusia itu sendiri.

Berkenaan dengan hal pengembangan diri ini, maka sesungguhnya mengasah potensi manusia itu menjadi lebih tajam dalam karakter berkeseniannya. Dan disanalah peran dan fungsi komunitas sebagai wadah atau tempat menyalurkan bakat dan talen seni yang dimiliki oleh seseorang.

Kesempatan dari Taman Budaya Jambi menjadi momentum Taj Mahal Entertainment komunitas etnis India menampilkan One Day Bollywood Ke-2 ,” Jelas HJ Afrida, selaku pelatih dan koreografer.

Dia berharap apresiasi penonton atau seni pertunjukan etnis India khususnya dan masyarakat Jambi umumnya terhibur dan tontonan pembauran budaya yang berkembang pada masyarakat melayu Jambi.

(Salah satu Tarian yang ditampilkan/Foto: Wildan)

Pentas seni ini dilaksanakan Pemerintah provinsi Jambi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) provinsi Jambi UPTD Taman Budaya Jambi, didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Kebudayaan dalam bingkai Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Inilah program pengembangan seni tradisional, kegiatan pembinaan kesenian yang masyarakatnya pelaku lintas daerah kabupaten/kota pada sub kegiatan peningkatan kapasitas tata kelola lembaga kesenian tradisional dan sub kegiatan peningkatan pendidikan dan pelatihan SDM kesenian tradisional,” Ujar Eri Argawan.

(Gubernur Jambi saat Memberikan Kata Sambutan/Foto:Wildan)

Tampak hadir Gubernur Jambi Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H beserta Istri, turut menyaksikan Wakil Wali Kota Jambi Dr. dr. H. Maulana, MKM beserta Istri. Lalu Drs. Siswanto, M.A selaku Pamong Budaya Ahli Utama, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Gelar Rakor Pemberantasan Korupsi, KPK Soroti Skor SPI Pemprov Jambi yang Masih Rendah

Lalu didampingi Staf Ahli Gubernur Jambi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi dan kepala Taman Budaya Jambi, seniman, komunitas seni, Ketua Umum Taj Mahal Entertainmen yaitu Msharul Haq,SH juga para pengurus, Keluarga besar Etnis keturunan India di Jambi serta para tamu undangan lainnya.

“Kami tentunya mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia telah mengapresiasi pentas seni Etnis India malam ini,” Ungkap Dr. dr. H. Maulana, MKM.

Disamping itu, Gubernur Jambi dalam sambutannya menyebut bahwa Jambi terbuka terhadap semua etnis dan menjadi kekayaan bagi Jambi “Ini menunjukan terbukanya Jambi terhadap berbagai etnis, Jambi memiliki kekayaan budaya. Kekayaan ini juga yang turut berperan selama ini membangun Jambi,” Tutur Al Haris. (*/HN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :