09/12/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

2 min read

JAMBIDAILY SUARA TNI – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M., menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur Jambi, Jl. Jend. Ahmad Yani No.1, Telanaipura, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi, Sabtu (1/10/2022).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, dipimpin Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I. selaku Inspektur Upacara dan diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Instansi Pemerintah dan perwakilan Mahasiswa serta Pelajar Kota Jambi.

Demikian dikatakan Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta dalam keterangan tertulisnya.

Usai upacara, Wakil Gubernur Jambi mengatakan sesungguhnya masyarakat harus memberikan contoh dan meyakini Kesaktian Pancasila, pasalnya Pancasila mampu mempersatukan bangsa dan negara sampai saat ini.

Pancasila bisa direalisasikan dan diterapkan ditengah masyarakat di provinsi Jambi, sehingga penerapan pancasila tidak hanya seremonial saja yang selalu diperingati setiap hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila ini bisa dijadikan momentum untuk bangkit bersama dalam membangun bangsa dan negara indonesia, Harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu saat dikonfirmasi awak Penrem 042/Gapu mengatakan, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila menurut Brigjen Supriyono, sangat erat kaitannya dengan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang ingin mengganti Ideologi Pancasila dengan Paham Komunis.

Pemberontakan yang dinamai dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965 itu, menyebabkan gugurnya enam orang Perwira Tinggi dan satu Perwira Menengah TNI AD yang saat ini disebut Pahlawan Revolusi.

“Karena itu, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa Pahlawan Revolusi,” ujar orang nomor satu di Korem 042/Gapu itu.

BACA JUGA:  TNI Turun Langsung Bantu Masyarakat Korban Banjir Keerom

“Peringatan ini juga sangat penting sehingga perlu dilaksanakan secara rutin agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya.

Terlihat juga menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Para Kasi Korem 042/Gapu, para Dan/Ka Balak Aju Korem 042/Gapu, Para Pasi Korem 042/Gapu.

Otentifikasi : Penrem 042/Gapu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :