20 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Teater Musikal ‘WC’ Persembahan Ikatan Duta Bahasa-Jambi dan Sanggar Seni Rasi

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Pertunjukan berjudul ‘WC’ 28-29 Desember 2022 di Taman Budaya Jambi, ialah sebuah penampilan yang mengangkat isi kritik dan sosial dikemas dalam balutan teater musikal. Memperlihatkan tentang kepedulian, keberagaman, dan sikap dalam menanggapi suatu keadaan.

Pertunjukan ini terselenggara atas kolaborasi antara ikatan duta bahasa provinsi Jambi dan Sanggar Seni Rasi.

“Uniknya para pemain teater kali ini terbilang pemula. Sebagian besar adalah Duta Bahasa provinsi Jambi yang baru pertama kali merasakan langsung berlaku sebagai aktor di atas panggung,” Jelas Medi Saputra, selaku sutradara.

Pertunjukan WC ini merupakan naskah karya Nanda Yamazaki disutradarai oleh Medi Saputra.

Dengan para pemain: Esy Solvera, Nurul Parmayati, Ilham Pahlevi, Zaed Ahmad, Ramadhi Priono, Ulta MJ, Putri Ayu Lestari, Shafira Deiktya, Bintang Cikhar, Resya Marchelina, Syabina Zelovena, Ardy Diar, Sessario Ivka, Keysha Yoanda, Rakan Tirta, Zakrian Rifqi, Caesa Dwi, Alfaraby, Deden

Tim Produksi: Turino Adi Irawan, M. Yogi Maryadi, M. Fikri Oksaputra, Aspihani Ahyat, Dwi Istiqomah, Nova Febbiani, Sela Ayu Gusti, Malika Hijriati Dewi, Ridho Akbar HZ

Penata Musik: Lutvan Hawari
Penata Rias Busana: Lucky Ilva Jazanurya
Penata Gerak: Dhika Kekoq, Anggi Syf, Hary Extrada
Penata Cahaya: Anindika Valentina
Operator Musik: Dianto Sp, Abi
Dokumentasi: Sir Film

Kegiatan ini merupakan salah satu program ikatan duta bahasa jambi untuk mensosialisasikan kebahasaan kepada masyarakat. Mungkin kali ini dalam bentuk yang berbeda yaitu pertunjukan teater.

“Kami sangat berterima kasih kepada Sanggar Seni Rasi yang bisa mengolah dengan baik, menghadirkan keberagaman bahasa dalam panggung dan menyelipkan pesan utama terkait Trigatra Bangun Bahasa yaitu Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing. Kami ingin menegaskan kembali bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu kita semua,” Ungkap Turino Adi Irawan, selaku pimpinan produksi dan ketua ikatan duta bahasa provinsi Jambi.

Pertunjukan yang berlangsung selama dua malam berturut tersebut berhasil menyedot perhatian publik dan diapresiasi lebih dari 300 penonton setiap malamnya.

Pada malam kedua (Kamis, 29/12/2022) hadir pula Dr. Sukardi Gau, M.Hum, kepala Kantor Bahasa Jambi yang memberikan dukungan langsung terhadap kegiatan ikatan duta bahasa provinsi Jambi yang dalam hal ini adalah binaan dari Kantor Bahasa Jambi.

Selain itu, hal menarik lainnya pada pertunjukan kali ini, konsep produksi dikemas berbeda. Tiket diselipkan dengan padanan kata istilah asing, para penonton merupakan apresiator baru yang sangat menunggu pertunjukan-pertunjukan selanjutnya.

Bahkan ada yang baru pertama kali menginjakan kaki di taman budaya Jambi, dan mengetahui jika ada ruang pertunjukan di Jambi.(*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

26 − = 21