19 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Malam Grand Final Bujang Gadis Kota Jambi Sukses Digelar

4 min read

JAMBIDAILY WONDERFUL – Puncak dari rangkaian Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi Tahun 2023 sukses digelar pada Senin malam di BW Luxury Hotel Jambi (13/3).

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan Pembina Bujang Gadis Kota Jambi Yuliana Fasha bersama Wakil Wali Kota Jambi Maulana dan Wakil 1 Ketua TP PKK Kota Jambi Nadiyah Maulana hadir menyaksikan seluruh rangkaian acara hingga penobatan Bujang dan Gadis tahun 2023. Turut hadir pula jajaran Forkompinda Kota Jambi, Kepala OPD, Camat, dan ratusan pendukung masing-masing finalis.

Ajang pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi menjadi agenda tahunan Pemkot untuk memfasilitasi generasi muda Kota Jambi dalam menyalurkan talenta, kreatifitas, dan prestasinya sehingga menjadi SDM berkualitas untuk mendukung Kota Jambi setara dengan kota-kota maju di dunia. Ajang ini juga menjadi upaya Pemkot Jambi mengajak anak muda untuk menjaga serta melestarikan pariwisata dan budaya di Kota Jambi.

Malam Grand Final pemilihan Bujang Gadis itu berjalan dengan apik dan spektakuler. Tata cahaya dan musik, berbagai pertunjukan seni dan budaya, serta penampilan koreografi dari para finalis menciptakan kesan yang luar biasa dari ajang tahunan pemilihan muda mudi berbakat Kota Jambi tersebut. Balutan busana batik Jambi dengan warna yang beragam turut menambah elegannya penampilan seluruh finalis.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam sambutannya memberikan selamat dan apresiasi kepada seluruh finalis Bujang Gadis Kota Jambi.

“Agenda ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya dimulai sejak kami menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi terpilih, kedepannya acara ini tetap dilaksanakan karena itu adalah bentuk apresiasi kami kepada anak muda Kota Jambi sebagai perwakilan promosi pariwisata dan pembangunan Kota Jambi,” kata Fasha.

Fasha juga menyampaikan dukungannya kepada para finalis untuk tampil dan menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan semaksimal mungkin serta menyebutkan seluruh bujang gadis terpilih nantinya akan dilibatkan dalam event kota, nasional, hingga internasional.

Tak sampai disitu, Fasha juga mengungkapkan bahwa ajang pemilihan tahun ini menjadi momen terakhirnya bersama Maulana dalam menghadiri malam Grand Final Bujang Gadis dalam kapasitas sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Tak lupa pula Fasha memberikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak sponsor yang memberikan dukungan maksimal atas keberlangsungan ajang pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi ini.

Pada malam grand final ini, sebanyak 22 finalis beradu kemampuan di hadapan juri. Para finalis tampak mantap menampilkan kemampuan terbaiknya, berbagai pertanyaan dari dewan juri mampu dijawab dengan percaya diri, lugas, dan tegas dengan menggunakan Bahasa Indonesia maupun asing.

Penilaian objektif dan selektif pada malam final dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Jambi, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jambi (BPPRD), Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Jambi Nadiyah Maulana.

Hasil penilaian yang diakumulasikan dari tahapan awal seleksi hingga malam final Bujang Gadis Kota Jambi menobatkan perwakilan Kecamatan Pasar Jambi atas nama Rasyid Hamdani menjadi Bujang Kota Jambi Tahun 2023 dan perwakilan dari Kecamatan Kota Baru atas nama Syahliza Amani menjadi Gadis Kota Jambi Tahun 2023.

Pemerintah Kota Jambi terus mendukung dan memfasilitasi berbagai kegiatan yang bermanfaat terhadap peningkatan kreatifitas dan kualitas generasi muda Kota Jambi, salah satunya seperti pengembangan kompetensi minat dan bakat melalui ajang pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi.

Saat ini, gelaran Bujang Gadis Kota Jambi semakin menarik minat muda-mudi Kota Jambi. Sebagaimana diketahui, antusiasme generasi muda Kota Jambi untuk mengikuti kegiatan ini terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun ini lebih dari 100 peserta yang mendaftar dan mengikuti tahapan seleksi dengan latar belakang peserta yang beragam, mulai dari perwakilan setiap kecamatan hingga perwakilan siswa-siswi terbaik di sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Jambi.

Ajang pemilihan putra-putri terbaik sebagai duta wisata Kota Jambi dibawah asuhan Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kota Jambi Yuliana Fasha sebagai pembina, tidak hanya sebatas ajang adu penampilan fisik maupun acara seremonial semata, namun juga ajang mengasah inteklektualitas dan perilaku dari setiap peserta.

Bujang Gadis akan menjadi ikon dan wajah wisata dan budaya Kota Jambi baik itu dimata masyarakat Kota Jambi maupun dunia luar. Karena itu, sebelumnya selama masa karantina, para finalis telah diberikan berbagai pembekalan dan materi dari beberapa narasumber terkait pengembangan diri seperti public speaking, kepribadian, dan informasi aktual lainnya yang dapat mendukung peran mereka sebagai perwakilan pariwisata dan budaya Kota Jambi.

Finalis juga melakukan beberapa kegiatan outdoor, diantaranya field trip mengunjungi TPA Talang Gulo dan outbond. Tidak lupa, sebagai role model generasi muda, seluruh finalis juga menjalani tes narkoba oleh BNN Kota Jambi.

Nantinya, seluruh Bujang dan Gadis terpilih tahun 2023 akan menjalankan tugas dan kewajiban mempromosikan berbagai keunggulan dan potensi-potensi khususnya dalam hal pariwisata, ekonomi kreatif, dan kebudayaan Kota Jambi selama satu tahun kedepan. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 61 = 68