23 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Wakil Bupati Tanjab Barat Buka Secara Resmi Lomba Pacu Tongkah Tahun 2023

2 min read

JAMBIDAILY TANJAB BARAT – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan HUT ke-58 Kabupaten Tanjab Barat, Wakil Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat H.Hairan,SH membuka secara resmi Lomba Pacu Tongkah tahun 2023 bertempat di WFC/Titian Orang Kayo Mustiko Rajo Alam, Senin(07/08).

Turut hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan RI, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Kepala OPD, Ketua GOW serta tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Kepala Disparpora Hermansyah, S.STP,MH mengatakan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah merupakan upaya untuk menjaga dan melestarikan, serta menumbuh kembangkan aktivitas lokal masyarakat. Sehingga kegiatan ini bertujuan untuk membentuk tradisi dan kearifan lokal dalam pelestarian lingkungan.

Sementara itu, membacakan sambutan Bupati, Wakil Bupati H.Hairan, SH sampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Lomba Pacu Tongkah yang merupakan salah satu rangkaian festival Pengabuan tahun 2023 yang juga merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian besar HUT RI ke-78 dan Kab.Tanjung Jabung Barat ke-58.

Lebih lanjut, Pacu Tongkah adalah merupakan lomba yang terinspirasi dari aktivitas lokal masyarakat dalam mencari kerang yang biasa disebut menongkah kerang. Di mana aktivitas menongkah kerang tersebut dijadikan ajang lomba pacu yang akhirnya disebut lomba pacu tongkah.

“Dalam kesempatan ini saya atas nama kepala daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat berterimakasih kepada panitia penyelenggara. Saya berharap kegiatan-kegiatan yang merupakan kearifan lokal dan yang mengangkat budaya serta tradisi unik masyarakat Kabupaten Tanjung Barat seperti Pacu Tongkah ini dapat dilestarikan kepada generasi muda kita.”harapnya

Kedepannya Wabup juga berharap kegiatan ini dapat dikemas lebih baik dan menarik lagi sehingga mampu mendatangkan wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar daerah yang pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan pergerakan wisata Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

84 + = 93