14 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Al Haris: Rumah Sakit Swasta Berperan Aktif Tangani Kesehatan di Provinsi Jambi

3 min read

JAMBIDAILY KESEHATAN – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH menyatakan bahwa peran rumah sakit swasta sangatlah besar dalam membantu rumah sakit pemerintah di Provinsi Jambi.

Hal ini dinyatakan Gubernur pada Health Expo dengan tema Health for All “Penguatan Peran Keluarga dalam membangun generasi sehat” oleh Asosiasi Rumah Sakit Swasta Seluruh Indonesia Wilayah Jambi, bertempat di Jambi Town Square (Jamtos) Kota Jambi, Sabtu (18/11/2023).

“Saya tentu bergembira melihat bagaimana peran rumah sakit swasta yang luar biasa mengambil peran turut mengangkat derajat kesehatan di Indonesia termasuk juga di provinsi Jambi ini,” ujar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengatakan, dalam membangun dunia kesehatan ini, salah satunya Rumah Sakit Pemerintah yang ada di Provinsi Jambi belum mampu melayani semua pasien-pasien yang ada di Provinsi Jambi. Oleh karena itu perlu bantuan dari Rumah Sakit Swasta yang mampu memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat.

“Jadi kami sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman yang selama ini sudah memberikan sumbangsihnya dalam rangka membangun derajat kesehatan Provinsi Jambi, terutama ketika masa pandemi Rumah sakit Swasta sangat luat biasa dalam mengambil peran untuk mengatasi itu semua,” kata Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut orang nomor satu di Provinsi Jambi ini menuturkan bahwa peran Rumah Sakit Swasta pada pandemi lebih besar keberadaannya. Hal ini dikarenakan ketika tidak ada rumah sakit swasta ini pasti merawat pasien di halaman-halaman rumah sakit.

“Kalau tidak ada rumah sakit swasta di Jambi ini pak, saat covid kemarin kita pasti sudah merawat pasien kita di halaman-halaman rumah sakit. Karena kita sudah tidak mempunyai kamar lagi untuk menampung pasien, dan juga butuh dokter dan perawat yang banyak. Jadi saya mengucapkan terimakasih banyak kepada rumah sakit swasta di Jambi yang turut membantu,” tutup Gubernur Al Haris.

Sebelumnya, Ketua ARSSI Wilayah Jambi dr. Dini Paramita Defrin, MMRS, mengatakan ARRSI Jambi menggandeng teman-teman dari instansi kesehatan dengan harapan bisa memberitahu kepada masyarakat Provinsi Jambi bahwa Rumah Sakit yang ada di Provinsi Jambi sudah cukup mumpuni dalah merawat pasien tanpa harus merujuk keluar negeri.

Sementara itu juga, Ketua ARSSI Pusat drg. Iing Ichsan Hanafi, MARS., MH., mengatakan, rumah sakit yang ada di Indonesia adalah Rumah sakit swasta di Indonesia berjumlah itu hampir 3.100-an lebih rumah sakit, dimana 1900 nya adalah rumah sakit swasta. Kemudian rumah sakit swasta itu 15% nya adalah rumah sakit berbentuk corporate berupa jejaring dan 85% rumah sakit swasta berdiri sendiri.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Asisten 1 Setda Provinsi jambi, Direktur Rumah Sakit Jiwa, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi dan Kepala Rumah Sakit Swasta yang ada di Provinsi Jambi. (Waaly Arizona/Foto : Agus Supriyanto/Video : Ardi. S)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + = 25