20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Rekomendasi Makanan Penjaga Mood-mu Agar Lebih Baik

2 min read

Mengonsumsi teh hijau setiap hari dipercaya menjaga suasana hati seseorang. (freepik)

JAMBIDAILY TIPS, Pendidikan – Dalam beberapa hal, di kegiatan kita sehari-hari acapkali membuat suasana perasaan (mood) kita menjadi tidak baik.

Entah karena perilaku teman, rekan kerja atau bahkan kekasih kita yang kerap membuat kesal hingga membuat kita tidak begitu bergairah menjalani aktifitas.

Mood yang jelek tentunya akan berdampak pada kegiatan yang dijalani, yang bisa saja membuat segala sesuatu yang harusnya berjalan lancar menjadi tidak.

Untuk itu, perlu sekurang-kurangnya untuk menjaga dan atau mencegah agar suasana hati tetap dalam kondisi yang baik.

Hal tersebut, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menerapkan filosofi hidup stoik atau dengan cara sederhana mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Percaya tidak percaya, beberapa makanan berikut ini dipercaya mampu menjaga mood seseorang.

Berikut adalah rekomendasi makanan penjaga mood agar lebih baik sehingga mampu menjalani aktifitas sehari-hari dengan maksimal :

1. Jamur

Jamur memiliki banyak kandungan vitamin D yang menghasilkan serotonin, hormon yang dapat menekan perasaan stress dan depresi.

Jamur juga merupakan bahan makanan yang mudah dijumpai di manapun, sudah banyak juga produk jualan yang berbahan utama jamur.

Jadi, kamu dapat mulai mengonsumi jamur jika sudah mulai terindentifikasinya mood yang kurang baik.

Namun, jika kamu kurang menyukai jamur kamu dapat menggantinya dengan makanan yang banyak mengandung vitamin D lainnya seperti ikan salmon, tuna atau yang lainnya.

2. Kopi

Bagi kamu yang kerja dan selalu mendapat tekanan atau lingkungan kerja yang kurang sehat dan kerap membuatmu kesal. Meminum kopi bisa menjadi salah satu cara menjaga mood-mu.

Mengonsumsi kopi tentunya akan meningkatkan dopamin dan serotonin di dalam otak bersama dengan kandungan kafein yang ada di dalamnya.

Apalagi sekarang, mengonsumsi kopi dapat mudah dilakukan, sudah terdapat pula aneka jenis kopi sachet yang dapat kamu minum untuk meningkatkan atau menjaga mood.

3. Teh Hijau

Bagi kamu yang tidak menyukai kopi, jangan hirau! teh hijau bisa menjadi solusi untuk menjaga suasana hatimu.

Kandungan epigallocatechin 3 gallate dalam teh hijau sudah terbukti dapat menjaga suasana hati seseorang.

Dalam sebuah penelitian bahkan disebutkan seseorang yang mengonsumsi 3-5 cangkir teh hijau dalam sehari akan membantu menurunkan stres hingga 20 persen.

Jadi, demikianlah informasi tentang beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga suasana hatimu.

Tentunya, selain mengonsumsi makanan tersebut kamu juga harus mempunyai prinsip jika tidak semua hal di dunia ini akan berjalan sebagaimana yang kamu harapkan. Jadi, bersabarlah. (*suara.com)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + = 9