19 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd Teken Prasasti Program CSR Dengan Pemkab Tanjab Barat

4 min read

JAMBIDAILY TANJAB BARAT – SKK Migas-PetroChina Interational Jabung Ltd Tandatangani Prasasti program Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanjungjabung Barat (Tanjab Barat).

Pada kesempatan ini Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag membuka secara resmi Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Kabupaten Tanjab Barat, bertema bertemakan “Kolaborasi dan Sinergi Pemerintah Darrah Dengan Badan Usaha Menuju BERKAH” di Balai pertemuan kantor Bupati Tanjab Barat, Selasa (19/12/2023).

Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang juga merupakan Ketua Forum TJLSP Kabupaten Tanjab Barat dalam momen ini menyampaikan bahwa PetroChina International Jabung Ltd, mengajak perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam anggota forum ini, untuk terus aktif mendukung program-program pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah kabupaten Tanjab Barat, sebagai bagian dari kontribusi perusahaan yang telah beroperasi dan menggerakkan perekonomian dari bumi ‘Serengkuh Dayung Serentak ke Tujuan’.

“Kepada perusahaan agar dalam pelaksanaan TJSLP pada tahun 2023 ini lebih memprioritaskan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat terkait dengan isu kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem yang menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Tanjungjabung Barat,” Kata Rudy Hermawan.

(Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd)

“Alhamdulillah, pada akhir tahun ini kita dapat melihat bahwa realisasi program TJSLP telah berjalan dengan baik, dengan program-program yang sejalan dengan prioritas pembangunan dari pemerintah,” Sambungnya.

Lebih lanjut, Rudy Hermawan menyampaikan Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat tahun ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik peringkat I se-Provinsi Jambi pada penilaian aksi konvergensi penurunan stunting yang dilakukan pada tahun 2022 dan juga penghargaan Platinum Awards dari Indonesia Health Care Forum pada awal Desember 2023 atas inovasi percepatan penanganan stunting dengan pelibatan semua pihak khususnya dunia usaha.

“Di dalam konsep bisnis yang berkelanjutan, kita mengenal 3 kriteria yang mengukur kesuksesan sebuah perusahaan dalam menjalankan usahanya. Tiga kriteria yang dimaksud adalah konsep 3P atau People (Sosial), Planet (Lingkungan) dan Profit (ekonomi). Dalam konsep bisnis yang berkelanjutan, pengusaha mempunyai program-program tanggung jawab sosial dan juga bisnis secara bersamaan,”Urainya.

“Dalam menjalankan usahanya, perusahaan diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat disekitar dan juga turut serta menjaga kelestarian lingkungannya yang selaras dengan keuntungan ekonomi yang diperolehnya. Oleh karena itu, kami mengajak ke seluruh rekan-rekan usaha untuk terus meningkatkan partisipasinya melalui program TJSLP,” Tukasnya.

Diakhir sambutan, Rudy Hermawan, Ketua Forum TJLSP Kabupaten Tanjab Barat, meminta perusahaan yang belum melaporkan atau belum melaksanakan program TJSLP, agar segera melaporkan dan melaksanakannya.

Sedangkan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tanjab Barat, Dr. H. Katamso, SA, SE, ME menyampaikan bahwa sampai saat ini ada 65 perusahaan yang telah menjadi anggota forum TJSLP di kabupaten Tanjungjabung Barat.

“Kepada perusahaan yang tergabung didalam Forum TJSLP agar bisa melaporkan realisasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakannya kepada pemerintah daerah,” Ungkap Dr. H. Katamso, SA, SE, ME

“Bappeda hanya melaksanakan fungsi fasilitasi, akumulasi, verifikasi dan sinkronisasi saja. Persetujuan terkait usulan program dan pelaksanaannya sepenuhnya menjadi kewenangan pihak perusahaan atau pihak ketiga yang ditunjuk perusahaan,” Tambahnya.

(Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag)

Sementara itu, Anwar Sadat selaku Bupati Tanjab Barat, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pemimpin perusahaan dan seluruh stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan TJSLP.

Bupati juga mengatakan bahwa pertemuan tahun ini merupakan penyelenggaraan forum TJSLP yang kesembilan kalinya, meski untuk yang ketiga kalinya dalam masa pemerintahan dirinya sebagai kepala daerah.

“Sudah sangat banyak program dan kegiatan TJSLP yang terlaksana, semua bidang yang diamanatkan dalam Perda Kabupaten Tanjab Barat, Nomor 1 tahun 2015 sudah disentuh dan ditangani melalui program TJSLP perusahaan,” Tutur Bupati.

“Saya menghimbau agar semua rencana kerja kegiatan TJSLP yang perusahaan laksanakan dapat dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Tanjungjabung Barat melalui Bappeda sebagai sekretariat Forum TJSLP. Tujuannya adalah supaya maksud kolaborasi program kegiatan yang sinergis dapat tercapai tidak tumpang tindih dan saling melengkapi,” Imbuhnya menambahkan.

Menutup sambutannya, Bupati berharap untuk selalu berkolaborasi melalui program-program dan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilaksanakan perusahaan.

“Semoga praktek-praktek baik dunia usaha bersama-sama pemerintah Kabupaten Tanjab Barat mampu menjadi daya ungkit yang kuat dalam rangka kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan Berkah,” tutupnya.

Selain penandatanganan Prasasti program Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Pemerintah kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjab Barat), juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan CSR Award yang turut diterima SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

Kegiatan Forum TJSLP yang mengangkat Tema Kolaborasi dan sinergi Pemerintah Daerah dengan Badan Usaha Menuju Berkah yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Kantor Bupati ini juga turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda, Kejari Tanjab Barat.

Dandim 0419/Tanjab, Kepala Bapedda Provinsi Jambi, Kepala Bapedda Indragiri Hilir, Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Camat, Pimpinan Perusahaan, media dan Pers serta tamu undangan lainnya.

Lalu, Darwensi Analisis Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. Saipul, Government and Relation Superintendent dan Rina Putri, CSR Staff PetroChina. (*/Mam/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 4 =