21 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Anisa Pedagang Kuliner Khas Jambi ‘Gulai Tepek Ikan’

1 min read

Anisa/Foto: Ash_ jambidailyDOTcom

JAMBIDAILY KULINER – Gulai tepek ikan makanan khas Jambi tergolong dalam makanan berat dan disajikan bersama nasi putih maupun nasi minyak. Terutama di bulan Ramadhan menjadi primadona, pesanan pun meningkat saat jelang hari raya Idul Fitri.

“Memasuki bulan suci ramadhan pesanan gulai tepek mulai meningkat apalagi saat mendekati idul fitri,” Ujar Anisa, Pengolah kuliner gulai ikan tepek

Makanan yang dibuat dengan menggunakan menu utama ikan ini, juga tidak hanya diminati masyarakat provinsi Jambi namun hingga keluar daerah.

Anisa tidak sungkan-sungkan memberikan rasia masakannya, beberapa bahan harus disiapkan dalam membuat sajian gulai ikan tepek, diantaranya: bumbu rempah-rempah, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, telur, bumbu langko, sedikit penyedap rasa, nanas, dan menu utama ikan giling segar.

Seluruh menu rempah-rempah itu dihaluskan dan di tumis menggunakan api sedang. Untuk ikan giling segar yang telah dicampur menggunakan tepung di rebus menggunakan air mendidih. Lalu giliran ikan segar dipotong dan dimasukan bersama potongan nanas kedalam tumis yang telah dicampurkan menggunakan santan.

Kemudian gulai tepek siap disantap Bersama keluarga, bagi masyarakat yang ingin memesan gulai tepek racikan Anisa, dapat mendatangi langsung ke RT.03 Kelurahan Rajawali Kecamatan Jambi Timur, kota Jambi. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − = 2