21 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kemenkunham Peduli, Beri Bantuan Korban Bencana Alam di Bandung Barat

3 min read

JAMBIDAILY BANDUNG – Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemenkunham) memberikan bantuan kepada korban musibah banjir bandang dan tanah longsor di Desa Cibenda Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, provinsi Jawa Barat (Selasa, 2/4/2024).

Sebagaimana dilansir laman kemenkumham.go.id, Bantuan sebanyak 152 paket berupa kebutuhan sembako diserahkan oleh Kepala Kantor Kemenkumham Jawa Barat ini diterima langsung oleh Camat Cipongkor dan disaksikan oleh unsur daerah terkait.

Selain itu diserahkan pula bantuan uang senilai Rp162 juta rupiah yang diterima langsung oleh Kepala Desa Cibenda, Abdurrohman.

Dalam Sambutannya usai penyerahan bantuan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jawa Barat, R. Andika Dwi Prasetya berpesan kepada korban bencana agar tetap semangat untuk melanjutkan hidup ke depan Andika mengatakan bahwa kita harus memaknai peristiwa alam ini merupakan kuasa tuhan yang memang sudah ditentukan.

Lebih lanjut Andika menambahkan bahwa kedatangannya disini mewakili insan pengayoman dan keluarga besar Kemenkumham dan menyampaikan rasa duka dan turut merasakan apa yang dialami saudara-saudara kita yang ada di kecamatan Ciponkor khususnya di Desa Cibenda.

“Semoga hikmah baik akan termakna oleh kita dan yakinlah Allah akan menyiapkan kehidupan yang lebih baik lagi.” Kata Andika.

Sementara itu, Camat Cipongkor Rega Wiguna menyambut baik kedatangan bantuan ini “Kami senang dengan kedatangan Bapak-bapak dari Kemenkumham untuk bertemu langsung dengan kami dalam kondisi darurat ini.

Rega Wiguna mengatakan, ini merupakan motivasi besar bagi kami , bukan hanya bentuk dari apa yang kami terima, tetapi dukungan moril dari bu bapak sekalian menjadi semnagat bagi kami khususnya warga kecamatan cipongkor untuk terus menjalani kehidupan.

“Insya allah dengan hadirnya bapak ibu sekalian disini dapat menjadi energi positif bagi, insya Allah kedepan bisa membuat kami lebih kuat, bisa membuat kami lebih semangat, dan akan membuat kami lebih meyakini apa yang menjadi ketentuan dari Allah” tuturnya.

Perlu diketahui, pada hari mingggu 24 maret 2024 tepatnya jam 22.00 di kecamatan cipongkor ini telah terjadi musibah tanah longsor dan terdapat 11 desa yang terdampak, salah satunya desa Cibenda yang letaknya dikampung Gintung ini merupakan desa yang terdampak paling parah.

Dari 260 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak, terdapat 50 Keluarga yang masihh berada di tempat pengungsian. 50 KK ini yang benar-benar tidak bisa kembali ke rumah asalnya dikarenakan kondisi rumah yang rusak parah dan tidak bisa di huni lagi.

Kementerian Hukumdan Hak Asasi Manusia telah menggalang dana berupa donasi yang terkumpul dari sumbangan para pegawai kemenkumham seluruh Indonesia ,

Donasi yang telah terkumpul sejumlah Rp 816.000.000 (delapan ratus enam belas juta rupiah) .

Dana ini telah disalurkan kepada yang membutuhkan diantaranya, yatim piatu dan dhuafa di Wilayah DKI Jakarta senilai 105 Juta rupiah, selain itu telah disalurkan juga untuk korban bencana alam di Kendari sebanyak 196 juta, dan pada hari ini Kumham peduli menyalurkan di kabupaten bandung barat senilai 162 juta rupiah.

Turut hadir pada acara tersebut diataranya, Kepala Bagian SDM dan TU Biro SDM Kemankumham, Kepala Bagian Pengembangan Karir SDM Kemenkumham, Kepala UPT Bandung Raya, Ketua DWP Kab. Bandung Barat, Relawan, THI, POLRI, SAR, BPBD dan Warga Desa Cibenda. (Edit:HN/Sumber:kemenkumham.go.id)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 − = 23