19 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Gelar Operasi JAGRATARA 2024

2 min read

JAMBIDAILY HUKUM- Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Gelar Operasi Gabungan JAGRATARA Pengawasan Orang Asing Secara Serentak Dengan Kendali Pusat Tahun 2024.

Di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci dilaksanakan selama 2 (dua) hari 2-3 Mei 2024 di Desa Koto Beringin, Kecamatan Siulak & Kerinci View Homestay, Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci.

Dasar Pelaksanaan Kegiatan, sesuai Surat Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Nomor : IMI.5-GR.03.06-158 Tgl. 18 April 2024 Perihal Pelaksanaan Operasi Jagratara Pengawasan Orang asing secara serentak dengan kendali pusat di seluruh wilayah Indonesia Tahun 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci Raden Indra Iskandarsyah, S.H., M.H. menjelaskan, Kegiatan Operasi “JAGRATARA” ini dilaksanakan dalam rangka memberikan efek cegah agar tidak terjadi pelanggaran keimigrasian dan penegakan hukum guna menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Mei 2024. Dimulai dari Pembukaan Rapat Koordinasi pelaksanaan Operasi Jagratara Pengawasan Orang asing secara serentak dengan Kendali pusat di seluruh Indonesia Tahun 2024 secara daring melalui zoom meeting.

Setelah Rapat pembukaan selesai,Tim langsung melakukan briefing persiapan untuk pelaksanaan Operasi JAGRATARA di wilayah Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci, Pengawasan dilakukan dengan sasaran Hotel / penginapan dan tempat tinggal orang asing untuk mengetahui keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci.

Tim mendatangi WNA asal India Bernama Balkar Singh yang beralamat di Koto Beringin, Kec. Siulak, Kab. Kerinci.

Yang bersangkutan adalah WNA asal India pemegang Izin Tinggal Terbatas (ITAS) penyatuan keluarga yang berlaku sampai dengan 3 Juli 2024 dengan istrinya yang Bernama Linda Wati sebgai penjamin.

Dihari kedua, 3 Mei 2024. Tim Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci melaksanakan Operasi JAGRATARA 2024 ke Hotel / Penginapan, Tim berfokus pada wilayah Kecamatan Kayu Aro yang banyak sering dikunjungi oleh Warga Negara Asing untuk menginap.

Hasil pengawasan pada Kerinci View Homestay diketahui bahwa saat ini terdapat 12 Warga Negara Asing, terdiri dari 10 Warga Negara Malaysia dan 2 Warga Negara Singapura pemegang visa kunjungan saat kedatangan untuk mendaki ke Gunung Kerinci.

Kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian, ujar Yogi selaku Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kerinci.***

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + 4 =