22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dipersiapkan Tampil Memukau, 150 Peserta Festival Keris Siginjai Digembleng Latihan

2 min read

JAMBIDAILY SENI – Menjelang Festival Keris Siginjai pada 1 s/d 3 Agustus 2024, sebanyak 150 peserta mulai mengikuti latihan sejak 20 Juni di halaman Taman Budaya Jambi, kawasan Sungai Kambang. Pada hari kedua latihan Jumat 21 Juni, sejak pukul 15 WIB suasana cuaca sangat sejuk.

Terlihat semangat peserta yang akan membawakan tarian malam puncak Festival Keris Siginjai yang akan digelar di halaman Graha Siginjai, Kota Jambi. Dalam mengikuti latihan, peserta dibagi dua kelompok. Pertama kelompok dari pelajar sekolah dasar (SD), kemudian kelompok pelajar SMP, SMA/MAN.

Mereka digembleng latihan sebanyak 15 kali pertemuan dengan durasi latihan 2 jam setiap pertemuan. Harapannya, saat pergelaran tarian yang menggambarkan suasana Sungai Batanghari, peserta tari menyuguhkan tontonan memukau bagi masyarakat yang menyaksikan Festival Keris Siginjai 2024.

Direktur Festival Keris Siginjai, Hendry Nursal menyampaikan agar peserta tekun mengikuti latihan. Hal ini penting, mengingat mereka akan tampil membawa nama Kota Jambi.

“Semangat berlatih, harus menampilkan yang terbaik pada pergelaran Festival Keris Siginjai,” ujar Hendry Nursal.

Selama latihan tari berlangsung, peserta dibimbing oleh Koreografer, Icalago dibantu oleh para asisten diantaranya, Rahul, Syawal, Wuvig dan Tiara. Ditekankan pula, pentingnya disiplin. Bagi yang tidak disiplin akan diganti dengan peserta lain.

Mereka yang ambil bagian dalam pergelaran festival keris siginjai berasal dari berbagai sekolah di Kota Jambi, diantaranya SD Negeri 22, SD Negeri 91, SD Adhyaksa, SD Al Falah. Lalu SMP Negeri 5, SMP Negeri 7, SMP Negeri 11, SMP Al Azhar, SMP Adhyaksa. Kemudian SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, SMK Negeri 4, SMA Al Falah, dan MAN 2. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 43 = 44