22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Taman Budaya Jambi Fasilitasi Ruang Latihan Bagi Pergelaran Festival Keris Siginjai

2 min read

Eri Argawan, Kepala Taman Budaya Jambi

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Festival Keris Siginjai pada 1 s.d 3 Agustus 2024 rangkaian Kenduri Swarnabhumi Tahun 2024 akan berlangsung di Graha Siginjai, Kotabaru, kota Jambi mendatang, mendapat dukungan dari Taman Budaya Jambi.

Hendry Nursal, Direktur Festival Keris Siginjai (FKS) menyatakan apresiasinya kepada Kepala Taman Budaya Jambi dan jajaran atas dukungan yang diberikan.

“Taman Budaya Jambi fasilitasi ruang Latihan, baik itu ruang terbuka maupun Gedung proscenium yang digunakan sebagai tempat Latihan persiapan pergelaran,” Jelas Hendry Nursal (Senin, 24/06/2024).

Festival Keris Siginjai akan menghadirkan pergelaran pembuka “Keris Siginjai”, Wisata Sejarah Bersama pelajar, Lomba Design Motif Batik Solok Sipin, Fashion Show Batik rancangan Desainer Muda Jambi, Festival Tugu Keris Siginjai, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM, lalu di malam puncak pergelaran “Telusur Jejak Leluhur”

Terdapat dua pergelaran yang akan disajikan, pada prosesi pembukaan dan malam puncak festival keris siginjai.

Tim kerja festival keris siginjai, prosesi pembukaan melibatkan 22 orang dari Pelajar juga Mahasiswa. Lalu pada pergelaran Telusur Jejak Leluhur, melibatkan 150 orang pendukung berasal dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Menengah Atas/sedejarat di Kota Jambi.

Adapun sekolah yang terlibat dalam pergelaran Telusur Jejak Jeluhur ialah SD Negeri 22, SD Negeri 91, SD Adhyaksa, SD Al Falah. SMP Negeri 5, SMP Negeri 7, SMP Negeri 11, SMP Al Azhar, SMP Adhyaksa. Kemudian SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMA Negeri 5, SMK Negeri 4, SMA Al Falah, dan MAN 2.

“Dengan banyaknya pendukung tentu kami membutuhkan ruang yang cukup luas. Saya saat berjumpa kepala Taman Budaya Jambi, dia sangat mendukung dan memberikan fasilitas. Ini sangat membantu, terima kasih kepada Kepala Taman Budaya Jambi dan jajarannya,” Ungkap Hendry Nursal.

Disisi lain, Eri Argawan Kepala Taman Budaya Jambi (TBJ) menyebut inilah bentuk dukungan terhadap aktivitas dan kreativitas seni yang ada di Jambi.

“Kami mewadahi dan memberi kesempatan kepada seniman untuk mengembangkan diri dan kreativitasnya dalam berkarya serta terciptanya keterampilan teknis di kalangan seniman dalam kegiatan pengembangan budaya di bidang seni,” Ujar Eri Argawan.

Menurutnya, besar atau banyaknya pendukung itu tentu membutuhkan ruang yang besar. Disamping itu juga untuk mengantisipasi cuaca.

“Lebih dari 100 orang itu banyak, halaman kita luas untuk Latihan. Namun jangan hanya di ruangan terbuka tentulah perlu persiapan ruang tertutup untuk mengantisipasi jika cuaca sangat terik maupun turunnya hujan. Kami sangat mendukung, semoga festival keris siginjai berjalan dengan sukses dan lancer,” Tutup Eri Argawan. (*/Tim Media FKS)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 + = 80