22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Desa Wisata Buluh Perindu Desa Baru Semerah

2 min read

JAMBIDAILY WISATA – Desa Baru Semerah merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Desa yang dimekarkan dari desa induk yakni Desa Semerah pada 2011 lalu, memiliki daya tarik wisata yang cukup lengkap, untuk mendatangkan wisawatawan baik lokal maupun mancanegara.

Di Desa Baru Semerah terdapat objek wisata hutan bambu buluh perindu.. Wisata alam yang mulai booming sejak 2020 lalu, banyak didatangi wisawatan dari luar daerah dan wisatawan luar negeri, seperi Singapura dan Malaysia.

Pada 2023, untuk mendukung keberadan objek wisata hutan bambu, pengelola juga sudah membangun Homestay Bumi Bambu, dengan view yang sangat indah. Di samping menjadi tempat menginap, bangunan dengan dengan konsep unik berbahan matereal bambu serta ijuk, banyak dijadikan tempat foto-foto anak muda. di lokasi ini, pengelola juga menyiapkan Jongging track yang membelah areal persawahan.

Di lokasi, juga tersedia beragam sovenir bambu, hasil kerajinan tangan-tangan terampil mak-mak di Desa Baru Semerah. seperti kotak tisu, tas bambu, alas meja bambu, topi bambu, cerek dan cangkir bambu, serta pernak-pernik lain nya. Hasil kerajinan tangan ini, mendapat juara pertama dalam ajang Bumdes Expo tingkat Provinsi Jambi.

Desa wisata ini, juga didukung dengan beragam atraksi budaya. di bawah binaan sanggar seni Buluh Perindu, terdapat beberapa kelompok penari yang menampilkan tarian-tarian daerah khas Kerinci. di samping itu, juga ada atraksi pencak silat, serta penampilan peninggalan tradisi lama nenek moyang Kerinci.

Berkunjung ke Desa Baru Semerah, pengunjung tidak perlu khawatir soal makanan. karena pengelola sudah menyediakan menu-menu lokal yang selama ini menjadi andalan dengan citarasa yang nikmat, sepeti gulai rebung, belut bapihek, cabe suhin, dan beragam menu lainnya.

  • Memiliki objek wisata yang lengkap dan ungggul. Seperti wisata alam hutan bambu buluh perindu, wisata sejarah dan budaya, berbagai asesoris dari bambu, dan juga dilengkapi dengan homestay yang nyaman.
  • Hanya berjarak 1 Km dari Bandara Depati Parbo, Dan dikelilingi beberapa objek wisata pendukung lainnya, seperti Danau Kerinci, Pantai Indah Koto Petai, Pantai Pasir Panjang, Taman Pertiwi.
  • Berada di lingkungan yang indah, nyaman dan aman, serta didukung masyarakat yang ramah.
  • Memiliki beragam kuliner khas dan unik
  • Menginap di homestay Buluh Perindu, menghabiskan suasana malam bersama keluarga dengan bakar ikan, bakar jagung dan ubi.
  • Menikmatik keindahan hutan bambu Buluh Perindu nan sejuk, foto-foto menggunakan pernak-pernik ala jepang dan korea.
  • Belanja oleh-oleh hasil kerajinan tangan yang unik dan menarik.
  • menikmati pertunjukan kesenian seperti tarian dan kesenian lainnya.
  • Mencoba menu-menu kuliner khas unik.

(Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

82 − 75 =