22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dandim 0419/Tanjab Dampingi Danrem 042/Gapu Meninjau Lokasi OPLA di Tanjab Timur

2 min read

TANJAB TIMUR – Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan pengembangan infrastruktur pertanian, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad S.I.P didampingi Dandim 0419/Tanjab Letkol Dwi Sutaryo, S.E., M.Han, mengunjungi Kabupaten Tanjung Jabung Timur Wilayah Kodim 0419/Tanjab untuk melakukan peninjauan terhadap Program Optimalisasi Lahan Rawa (OPLA).

Kunjungan ini dilakukan pada Jumat (28/6/24) dan difokuskan pada dua lokasi utama, yaitu kelompok petani Karya Makmur II di Kecamatan Geragai dan Usaha Mandiri di Kecamatan Muara Sabak Barat.

Salah satu poin utama dari kunjungan ini adalah peninjauan terhadap pembangunan tanggul sepanjang 485 meter di Kelompok Tani Karya Makmur II. Tanggul ini dibangun untuk mengontrol banjir dan mengatur manajemen irigasi, yang krusial dalam mendukung pertanian padi yang produktif di daerah tersebut.

Danrem Brigjen Rachmad menyatakan, untuk meningkatkan produksi padi, infrastruktur seperti akses jalan yang baik dan sistem irigasi yang efisien sangat diperlukan.

Melalui Program OPLA, TNI berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan mendukung pembangunan infrastruktur penting seperti jalan, jembatan, dan saluran irigasi,  tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0419/Tanjab Letkol Dwi Sutaryo menekankan pentingnya koordinasi yang baik dalam menghadapi tantangan cuaca yang tidak menentu, yang sering kali mengakibatkan banjir dan kerusakan lahan pertanian.

Kunjungan ini turut dihadiri oleh beberapa perwira seperti Kasiter Kasrem 042/Gapu, Kasiops Kasrem 042/Gapu, dan Pasi Wanwil Korem 042/Gapu, serta beberapa pejabat pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat.

Program OPLA di Tanjung Jabung Timur tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian tetapi juga untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim, dengan harapan mendorong pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan kesejahteraan bagi petani lokal. //**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

91 − = 87